Bentuk Pohon Sonokeling

Bentuk Pohon Sonokeling


Bentuk Pohon Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot tengah dan memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran sedang hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menjangkau 1, 5–2 m. judul lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tdk sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah dikala masak.


Bentuk Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Bentuk Pohon Sonokeling


Bentuk Pohon Sonokeling


didunia ini terdapat banyak sekali type – model pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan banyak pohon yang lainnya. Pohon miliki banyak faedah buat manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, jadi paru – paru dunia, dan masih banyak kembali kegunaan pohon bangi manusia. akan tetapi dari demikian banyak pohon yg kita kenal hanya ada banyak pohon yang dianggap istimewa, gak tahu dari mempunyai bentuk, gunanya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang mengenai pohon itu. Pohon sonokeling yaitu diantara satu model pohon yang dikira istimewa. Pohon sonokeling dipandang istimewa dikarenakan pohon sonokeling menghasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, dan miliki nilai dekoratif yg cukup baik. Selain itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling populer awet, lantaran kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat serta keras membuat kayu yg dihasilkan pohon sonokeling jadi makin awet dan tdk enteng lapuk ataupun hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yang tergolong mewah menggunakan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling buat melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling memerlukan saat yg cukup lama buat membuahkan kayu siap pakai, walau sebenarnya keinginan kayu yg dibuat pohon sonokeling terus bertambah sejalan dengan meningkatnya permohonan barang – barang yg memiliki bahan dasar kayu berkualitas. Pohon sonokeling yg jadi lebih tua mau jadi lebih mahal harganya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling semakin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meskipun termasuk juga investasi jangka panjang, yakni di atas 10 th.. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya maka harga kayunya juga semakin mahal. kendati, waktu ini kayu Sonokeling muda juga telah banyak difungsikan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar kwalitas kayunya maximum merupakan sehabis pohon berusia 20 th.. Walau demikian, kali saja ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 tahun. Namun butuh diperhatikan kalau jadi tambah lama investasi, resikonya lantas jadi lebih besar.

Sonokeling termasuk juga dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Berat ragamnya antara 0, 77-0, 86 pada kandungan air kira-kira 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta sering kadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan sangatlah tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini dapat diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang telah tua. rata-rata, akar pohon yang telah berumur puluhan th. bakal tumbuh tunas-tunas baru. lantas tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan lebih kurang dua minggu.

Setelah itu, tunas dapat ditanam di polybag dan dapat tumbuh besar ke depannya. Setelah memiliki ukuran sekitar 30 centimeter sampai 1 meter, tunas udah dapat dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu akan ditanam, unsur hara di tanah harus udah komplit. karena itu tanah mesti digemburkan terlebih dahulu dan di beri pupuk kompos. Supaya tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon seputar 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon beda dan batangnya bisa lurus. pada saat awal tanam, pohon Sonokeling masih tetap butuh pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. selanjutnya, pemupukan cukup dua kali satu tahun, yaitu menjelang musim hujan dan mendekati musim kemarau.

alur pemupukan selalu dijalankan selama bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. andaikan inginkan kayu yang sangat keras dan tangguh, pohon sonokeling bisa ditebang pada umur 20 tahun sampai 50 tahun.

Setelah pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, pada sisi akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. semakin tambah baik andaikata akar ini jadikan induk yg akan terus membuahkan tunas baru. Namun, untuk Anda yang belum pula memiliki pohon indukan berusia tua, maka alternatif paling gampang dapat dengan beli bibit di pasar.

Saat ini banyak pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada usia lebih kurang lima tahun. Namun, harga jualnya lebih murah karna usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang sudah dipanen kala umur lima tahun itu masihlah bisa tumbuh lagi untuk dipanen kedua kalinya. kemudian, biasanya pohon tidak tumbuh kembali.

Ada dua hal yg perlu di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon semestinya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yg berada di lebih kurang pohon harus rajin dibuat bersih. terlebih pada masamasa awal perkembangan hingga pohon mempunyai ukuran 8 mtr..


Bentuk Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling