Harga Log Sonokeling

Harga Log Sonokeling


Harga Log Sonokeling - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot lagi tengah dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1, 5–2 m. tema lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yg lunak kecoklatan, polong tidak memecah ketika masak.


Harga Log Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Log Sonokeling


Harga Log Sonokeling


Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis – tipe pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta banyak pohon yang lainnya. Pohon punya banyak kegunaan untuk manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan masih banyak lagi faedah pohon bangi manusia. akan tetapi dari sekian banyak pohon yg kita kenal hanya terdapat banyak pohon yg dikira istimewa, gak tahu dari punyai bentuk, faedahnya, cara hidupnya, atau narasi mistis yg berkembang terkait pohon itu. Pohon sonokeling adalah diantara style pohon yang dianggap istimewa. Pohon sonokeling di anggap istimewa lantaran pohon sonokeling menghasilkan kayu yang mempunyai tekstur lembut, serta mempunyai nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling kondang awet, karna kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat serta keras buat kayu yang dihasilkan pohon sonokeling menjadi tambah awet serta tidak gampang lapuk ataupun hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yg termasuk mewah memanfaatkan kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh saat yg cukup lama buat membuahkan kayu siap pakai, meski sebenarnya keinginan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus meningkat seiring dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang memiliki bahan dasar kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yang makin tua mau jadi lebih mahal harganya, begitu juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling semakin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, biarpun termasuk investasi waktu panjang, yakni di atas 10 th.. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya pun makin mahal. walau, saat ini kayu Sonokeling muda juga udah banyak difungsikan terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kwalitas kayunya maximum merupakan sehabis pohon berusia 20 th.. meskipun demikian, mungkin ia dilewatkan bahkan hingga 50 tahun. tapi perlu jadi perhatian bahwa jadi tambah lama investasi, resikonya juga jadi lebih besar.

Sonokeling termasuk dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Berat macamnya antara 0, 77-0, 86 pada kadar air seputar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta sering kadang berombak. Kayu ini awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan sangatlah tahan pada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. umumnya, akar pohon yang udah berusia puluhan tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. lalu tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan kurang lebih dua minggu.

Setelah itu, tunas bisa ditanam di polybag dan juga akan tumbuh besar nanti. sehabis berukuran sekitar 30 centimeter sampai 1 meter, tunas sudah dapat jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu akan ditanam, unsur hara di tanah harus telah lengkap. karenanya tanah mesti digemburkan terlebih dahulu serta di beri pupuk kompos. biar tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon kira-kira 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon beda dan batangnya bisa lurus. Pada masa awal tanam, pohon Sonokeling masih butuh pemupukan intensif.

selagi satu hingga dua th. pertama, tanaman sebaiknya di beri pupuk dua minggu sekali. kemudian, pemupukan cukup dua kali setahun, ialah menjelang musim hujan dan mendekati musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa dilaksanakan selagi bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. sekiranya ingin kayu yang sangatlah keras serta tangguh, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 th. hingga 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, pada bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yg bisa dijadikan calon bibit. semakin lebih baik seandainya akar ini dijadikan induk yg akan terus membuahkan tunas baru. akan tetapi, bagi Anda yang belum pula miliki pohon indukan berumur tua, maka alternatif paling gampang bisa dengan membeli bibit di pasar.

sekarang beberapa pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada usia sekitar lima tahun. Namun, harga jualnya lebih murah karna umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg udah dipanen pas usia lima th. itu masihlah dapat tumbuh kembali buat dipanen kedua kalinya. kemudian, kebanyakan pohon tak tumbuh lagi.

Ada dua hal yang butuh di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon sebaiknya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yang berada pada seputar pohon mesti rajin dibuat bersih. khususnya pada masamasa awal perkembangan sampai pohon berukuran 8 mtr..


Harga Log Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling