Harga Parquet Sonokeling

Harga Parquet Sonokeling


Harga Parquet Sonokeling - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot tengah dan bermutu tinggi itu dalam perdagangan dikenal menjadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran lagi tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menjangkau 1, 5–2 m. Tajuk lebat bersifat kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. memuat 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah kala masak.


Harga Parquet Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Parquet Sonokeling


Harga Parquet Sonokeling


Di dunia ini masih banyak sekali type – jenis pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta terdapat banyak pohon yang lain. Pohon punyai banyak fungsi untuk manusia seperti tempat berteduh, mencegah abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan banyak kembali kegunaan pohon bangi manusia. namun dari sekian banyak pohon yg kita kenal hanya terdapat banyak pohon yang dikira istimewa, tidak tahu dari mempunyai bentuk, gunanya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang berkenaan pohon itu. Pohon sonokeling merupakan satu diantara tipe pohon yang dianggap istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa dikarenakan pohon sonokeling membuahkan kayu yang mempunyai tekstur lembut, dan punyai nilai dekoratif yg cukup baik. diluar itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling terkenal awet, karna kayu pohon sonokeling sanggup melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras membuat kayu yang dibuat pohon sonokeling menjadi makin awet dan tak mudah lapuk maupun hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu karna banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memakai kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling memerlukan saat yg cukup lama buat membuahkan kayu siap gunakan, padahal keinginan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus bertambah sejalan dengan meningkatnya permohonan barang – barang yg berbahan basic kayu berkwalitas. Pohon sonokeling yang jadi tambah tua dapat jadi lebih mahal harga nya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walaupun termasuk investasi periode panjang, yakni di atas 10 tahun. Prinsipnya, makin tua pohonnya maka harga kayunya pun jadi tambah mahal. meskipun, saat ini kayu Sonokeling muda juga telah banyak digunakan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar mutu kayunya optimal merupakan sesudah pohon berusia 20 tahun. walaupun demikian, dapat saja ia dibiarkan bahkan juga sampai 50 th.. tapi perlu di cermati kalau semakin lama investasi, resikonya juga jadi tambah besar.

Sonokeling termasuk dalam kayu keras dengan bobot lagi tengah sampai berat. Berat macamnya pada 0, 77-0, 86 pada kadar air seputar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadangkala berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan sangat tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini dapat diperoleh dari akar pohon Sonokeling yg sudah tua. Biasanya, akar pohon yang udah berusia puluhan tahun dapat tumbuh tunas-tunas baru. lalu tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan kurang lebih dua minggu.

selanjutnya, tunas bisa ditanam di polybag serta mau tumbuh besar nantinya. sehabis berukuran kurang lebih 30 centimeter sampai 1 mtr., tunas sudah bisa dijadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

kala mau ditanam, unsur hara di tanah mesti udah komplit. Untuk itu tanah mesti digemburkan terlebih dahulu dan di beri pupuk kompos. agar tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon kurang lebih 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon beda serta batangnya dapat lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masih tetap perlu pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman seharusnya di beri pupuk dua minggu sekali. seterusnya, pemupukan cukup 2 x 1 tahun, yakni mendekati musim hujan serta saat musim kemarau.

Pola pemupukan senantiasa dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. misalnya menghendaki kayu yg sangat keras dan kokoh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 tahun hingga 50 tahun.

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yg dapat jadikan calon bibit. akan tambah baik kalau akar ini jadikan induk yang bakal jadi menghasilkan tunas baru. Namun, untuk Anda yang belum juga miliki pohon indukan berusia tua, maka alternatif paling enteng bisa dengan beli bibit di pasar.

Saat ini para pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur lebih kurang lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah karna usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang udah dipanen waktu umur lima tahun itu masihlah dapat tumbuh lagi utk dipanen ke-2 kalinya. kemudian, biasanya pohon tidak tumbuh lagi.

Ada dua hal yang perlu di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon sebaiknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang berada di sekitar pohon harus rajin dibersihkan. Terutama pada masamasa awal perkembangan hingga pohon mempunyai ukuran 8 mtr..


Harga Parquet Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling