Harga Sangkar Sonokeling

Harga Sangkar Sonokeling


Harga Sangkar Sonokeling - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot lagi tengah dan memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. judul lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. diisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah kala masak.


Harga Sangkar Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Sangkar Sonokeling


Harga Sangkar Sonokeling


Di dunia ini ada banyak sekali style – model pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta ada banyak pohon yang lain. Pohon mempunyai banyak faedah untuk manusia seperti tempat berteduh, mencegah abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan ada banyak lagi kegunaan pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal cuma ada beberapa pohon yg di kira istimewa, entah dari mempunyai bentuk, manfaatnya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yg berkembang perihal pohon itu. Pohon sonokeling adalah diantara type pohon yang dikira istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yang bertekstur lembut, dan memiliki nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling terkenal awet, karena kayu pohon sonokeling mampu melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras bikin kayu yang dibuat pohon sonokeling jadi lebih awet dan tidak gampang lapuk atau hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yg tergolong mewah memakai kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling utk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh saat yg cukup lama utk membuahkan kayu siap gunakan, meski sebenarnya keinginan kayu yang dibuat pohon sonokeling terus bertambah seiring dengan meningkatnya permintaan barang – barang yang memiliki bahan basic kayu memiliki kualitas. Pohon sonokeling yang jadi tambah tua dapat semakin mahal harganya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling makin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk juga investasi jangka panjang, yaitu diatas 10 th.. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya maka harga kayunya pun semakin mahal. Meskipun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga telah banyak diperlukan khususnya dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar mutu kayunya optimal merupakan sehabis pohon berumur 20 th.. Walau saat, kali saja ia dibiarkan bahkan juga sampai 50 tahun. akan tetapi butuh dicermati kalau semakin lama investasi, resikonya pun semakin besar.

Sonokeling termasuk juga ke kayu keras dengan bobot tengah sampai berat. Berat jenisnya antara 0, 77-0, 86 pada persentase air kurang lebih 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang-kadang berombak. Kayu ini awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan benar-benar tahan pada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang sudah tua. rata-rata, akar pohon yg sudah berusia puluhan tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. lalu tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan kira-kira dua minggu.

seterusnya, tunas dapat ditanam di polybag serta mau tumbuh besar nantinya. sehabis berukuran sekitaran 30 cm. hingga 1 meter, tunas udah bisa dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu dapat ditanam, unsur hara di tanah mesti telah komplet. maka dari itu tanah harus digemburkan terlebih dahulu serta diberi pupuk kompos. biar tumbuh maksimal, jarak tanam antar pohon sekitaran 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon beda serta batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih memerlukan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman seharusnya di beri pupuk dua minggu sekali. kemudian, pemupukan cukup 2 x satu tahun, ialah mendekati musim hujan serta mendekati musim kemarau.

Pola pemupukan terus ditunaikan selama bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. misalnya menginginkan kayu yg sangatlah keras dan tangguh, pohon sonokeling dapat ditebang pada usia 20 th. hingga 50 th..

Setelah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, pada sisi akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yg bisa jadikan calon bibit. semakin tambah baik misalnya akar ini jadikan induk yg senantiasa membuahkan tunas baru. tetapi, untuk Anda yg belum pula miliki pohon indukan berumur tua, maka alternatif paling gampang dapat dengan beli bibit di pasar.

Saat ini para pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada usia seputar lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah karena usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang udah dipanen kala usia lima th. itu masih dapat tumbuh lagi untuk dipanen ke dua kalinya. sesudah itu, umumnya pohon tdk tumbuh kembali.

Ada dua hal yang butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon selayaknya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma dan tanaman pengganggu yang ada di kira-kira pohon harus rajin dibuat bersih. lebih-lebih pada masamasa awal pertumbuhan sampai pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Harga Sangkar Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling