Harga Sonokeling Per Kubik

Harga Sonokeling Per Kubik


Harga Sonokeling Per Kubik - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama sejenis pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon berukuran tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang meraih 1, 5–2 m. bahasan lebat berupa kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tdk sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun bersifat menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas serta keabu-abuan di segi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. diisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah dikala masak.


Harga Sonokeling Per Kubik


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Sonokeling Per Kubik


Harga Sonokeling Per Kubik


didunia ini ada banyak sekali type – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta ada banyak pohon yang lain. Pohon miliki banyak faedah untuk manusia seperti tempat berteduh, mencegah abrasi, jadi paru – paru dunia, serta masih banyak sekali lagi faedah pohon bangi manusia. akan tetapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal hanya ada beberapa pohon yang dipandang istimewa, tidak tahu dari bentuknya, gunanya, langkah hidupnya, atau cerita mistis yang berkembang terkait pohon itu. Pohon sonokeling yaitu salah satu jenis pohon yg dikira istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yang memiliki tekstur lembut, dan miliki nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling populer awet, lantaran kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap maupun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras membuat kayu yg dihasilkan pohon sonokeling menjadi jadi awet dan tidak gampang lapuk atau hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu dikarenakan banyak perushaan pembuat venir yang tergolong mewah memakai kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling utk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling membutuhkan waktu yg cukup lama buat hasilkan kayu siap gunakan, meski sebenarnya permintaan kayu yang dibuat pohon sonokeling terus meningkat sejalan dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang bahannya dasar kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yang semakin tua dapat jadi lebih mahal harga nya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling semakin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, biarpun termasuk investasi waktu panjang, yaitu di atas 10 th.. Prinsipnya, makin tua pohonnya jadi harga kayunya juga jadi tambah mahal. Meskipun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak dipakai lebih-lebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar kualitas kayunya optimal yaitu setelah pohon berusia 20 tahun. meski begitu, dapat saja ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 tahun. tapi butuh di cermati kalau makin lama investasi, resikonya lantas makin besar.

Sonokeling termasuk dalam kayu keras dengan bobot sedang sampai berat. Berat macamnya pada 0, 77-0, 86 pada persentase air lebih kurang 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang-kadang berombak. Kayu ini awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering dan begitu tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang telah tua. kebanyakan, akar pohon yang telah berusia beberapa puluh tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan kira-kira dua minggu.

seterusnya, tunas dapat ditanam di polybag serta dapat tumbuh besar kedepannya. sehabis mempunyai ukuran seputar 30 cm. hingga 1 meter, tunas sudah bisa jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

dikala bakal ditanam, unsur hara di tanah mesti sudah komplet. karena itu tanah mesti digemburkan terlebih dahulu dan diberi pupuk kompos. biar tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon kurang lebih 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon lain dan batangnya dapat lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masihlah butuh pemupukan intensif.

selagi satu sampai dua th. pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. sesudah itu, pemupukan cukup 2 x 1 tahun, ialah saat musim hujan dan saat musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa dilaksanakan selama bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. jikalau ingin kayu yg sangatlah keras dan tangguh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 tahun hingga 50 th..

sehabis pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, pada bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang bisa jadikan calon bibit. semakin lebih baik bila akar ini jadikan induk yang senantiasa membuahkan tunas baru. tetapi, untuk Anda yg belum punyai pohon indukan berusia tua, maka alternatif paling gampang bisa dengan beli bibit di pasar.

sekarang beberapa pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada usia lebih kurang lima tahun. Namun, harga jualnya lebih murah karena usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang sudah dipanen kala usia lima tahun itu masihlah bisa tumbuh kembali utk dipanen ke-2 kalinya. Setelah itu, kebanyakan pohon tidak tumbuh kembali.

Ada dua hal yang butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon sebaiknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma dan tanaman pengganggu yang berada pada kira-kira pohon harus rajin dibersihkan. Terutama pada masamasa awal perkembangan hingga pohon memiliki ukuran 8 meter.


Harga Sonokeling Per Kubik


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling