Jual Beli Sonokeling

Jual Beli Sonokeling


Jual Beli Sonokeling - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot tengah serta berkualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran lagi tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1, 5–2 m. judul lebat berupa kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas serta keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. di isi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah ketika masak.


Jual Beli Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Beli Sonokeling


Jual Beli Sonokeling


didunia ini ada banyak sekali tipe – jenis pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan ada banyak pohon yang lain. Pohon mempunyai banyak fungsi untuk manusia seperti tempat berteduh, menghambat abrasi, sebagai paru – paru dunia, serta masih banyak kembali kegunaan pohon bangi manusia. tapi dari demikian banyak pohon yg kita kenal hanya ada beberapa pohon yg di kira istimewa, entah dari punyai bentuk, gunanya, cara hidupnya, atau cerita mistis yang berkembang terkait pohon tersebut . Pohon sonokeling adalah di antara tipe pohon yg dipandang istimewa. Pohon sonokeling dianggap istimewa lantaran pohon sonokeling hasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, dan mempunyai nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling populer awet, karena kayu pohon sonokeling sanggup melawan serangan hewan rayap maupun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras buat kayu yg dihasilkan pohon sonokeling menjadi tambah awet serta tidak gampang lapuk maupun hancur.

Kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu karna banyak perushaan pembuat venir yg tergolong mewah memakai kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling memerlukan saat yang cukup lama utk menghasilkan kayu siap gunakan, walau sebenarnya permohonan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling selalu bertambah bersamaan dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan dasar kayu berkualitas. Pohon sonokeling yg semakin tua juga akan jadi lebih mahal harga nya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling makin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meski termasuk investasi waktu panjang, yakni di atas 10 th.. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya maka harga kayunya lantas semakin mahal. Meskipun, saat ini kayu Sonokeling muda juga udah banyak difungsikan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar kwalitas kayunya maksimal adalah sehabis pohon berumur 20 th.. meskipun begitu, kemungkinan ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 th.. tapi perlu jadi perhatian kalau makin lama investasi, resikonya pun semakin besar.

Sonokeling termasuk juga ke kayu keras dengan bobot lagi tengah hingga berat. Berat jenisnya pada 0, 77-0, 86 pada takaran air kira-kira 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan sering kadang berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan begitu tahan pada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif mudah. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. Biasanya, akar pohon yang telah berumur beberapa puluh tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan kurang lebih dua minggu.

seterusnya, tunas bisa ditanam di polybag dan juga akan tumbuh besar nantinya. Setelah mempunyai ukuran sekitaran 30 centimeter sampai 1 meter, tunas udah dapat jadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

kala bakal ditanam, unsur hara di tanah mesti sudah lengkap. karena itu tanah mesti digemburkan terlebih dulu serta diberi pupuk kompos. biar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon kira-kira 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, pertumbuhan pohon tak terganggu pohon lain dan batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih butuh pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman mestinya di beri pupuk dua minggu sekali. Setelah itu, pemupukan cukup dua kali setahun, yakni menjelang musim hujan serta mendekati musim kemarau.

Pola pemupukan terus ditunaikan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. andaikata mengidamkan kayu yang sangat keras dan tangguh, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 th. sampai 50 th..

Setelah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat jadikan calon bibit. Akan lebih baik jikalau akar ini dijadikan induk yang senantiasa hasilkan tunas baru. Namun, untuk Anda yang belum juga punyai pohon indukan berumur tua, jadi alternatif paling gampang dapat dengan membeli bibit di pasar.

sekarang ini para pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur kira-kira lima tahun. tapi, harga jualnya lebih murah karena umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang sudah dipanen saat usia lima th. itu masih bisa tumbuh sekali lagi utk dipanen kedua kalinya. kemudian, biasanya pohon tdk tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yg perlu di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon semestinya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma dan tanaman pengganggu yang berada pada seputar pohon mesti rajin dibuat bersih. Terutama pada masamasa awal perkembangan hingga pohon mempunyai ukuran 8 mtr..


Jual Beli Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling