Jual Biji Pohon Sonokeling

Jual Biji Pohon Sonokeling


Jual Biji Pohon Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot lagi tengah dan bermutu tinggi itu dalam perdagangan dikenal jadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon berukuran sedang sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. Tajuk lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tdk sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. diisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah dikala masak.


Jual Biji Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Biji Pohon Sonokeling


Jual Biji Pohon Sonokeling


Di dunia ini ada banyak sekali style – jenis pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta banyak pohon yang lainnya. Pohon mempunyai banyak fungsi buat manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan masih banyak kembali faedah pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yg kita kenal cuma terdapat banyak pohon yg di anggap istimewa, tidak tahu dari bentuknya, manfaatnya, cara hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang berkenaan pohon tersebut . Pohon sonokeling merupakan salah satunya jenis pohon yang di anggap istimewa. Pohon sonokeling dianggap istimewa dikarenakan pohon sonokeling hasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, serta memiliki nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling populer awet, karena kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat serta keras membuat kayu yang dihasilkan pohon sonokeling jadi tambah awet serta tak gampang lapuk atau hancur.

Kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu karna banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memanfaatkan kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu saat yang cukup lama utk hasilkan kayu siap gunakan, padahal permohonan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus bertambah sejalan dengan meningkatnya permohonan barang – barang yang memiliki bahan dasar kayu memiliki kualitas. Pohon sonokeling yang makin tua akan semakin mahal harganya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, biarpun termasuk investasi waktu panjang, yaitu diatas 10 tahun. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya juga jadi tambah mahal. biarpun, saat ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak dipakai khususnya dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar mutu kayunya maximum adalah setelah pohon berumur 20 th.. meskipun demikian, bisa saja ia dilewatkan bahkan sampai 50 tahun. akan tetapi perlu dicermati bahwa makin lama investasi, resikonya juga jadi tambah besar.

Sonokeling termasuk juga ke kayu keras dengan bobot lagi tengah sampai berat. Berat macamnya pada 0, 77-0, 86 pada takaran air sekitar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan terkadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan begitu tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang telah tua. kebanyakan, akar pohon yang telah berumur beberapa puluh th. akan tumbuh tunas-tunas baru. Kemudian tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan sekitaran dua minggu.

selanjutnya, tunas bisa ditanam di polybag dan juga akan tumbuh besar kedepannya. Setelah berukuran lebih kurang 30 centimeter sampai 1 mtr., tunas sudah bisa jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu mau ditanam, unsur hara di tanah mesti sudah lengkap. karenanya tanah harus digemburkan terlebih dahulu serta diberi pupuk kompos. agar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon lebih kurang 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, pertumbuhan pohon tdk terganggu pohon beda serta batangnya dapat lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman baiknya diberi pupuk dua minggu sekali. sesudah itu, pemupukan cukup dua kali satu tahun, yakni saat musim hujan serta menjelang musim kemarau.

Pola pemupukan terus dikerjakan selagi bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. seandainya mendambakan kayu yang sangat keras serta tangguh, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 tahun hingga 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, pada sisi akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat dijadikan calon bibit. semakin tambah baik kalau akar ini jadikan induk yang senantiasa menghasilkan tunas baru. Namun, buat Anda yang belum mempunyai pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling mudah dapat dengan beli bibit di pasar.

sekarang para pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur kurang lebih lima tahun. tapi, harga jualnya lebih murah karena usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang udah dipanen selagi usia lima tahun itu masihlah bisa tumbuh kembali untuk dipanen ke dua kalinya. seterusnya, biasanya pohon tak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yang butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon baiknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang ada di kurang lebih pohon harus rajin dibuat bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan sampai pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Jual Biji Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling