Jual Pohon Sonokeling

Jual Pohon Sonokeling


Jual Pohon Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot tengah dan bermutu tinggi itu dalam perdagangan di kenal jadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menjangkau 1, 5–2 m. topik lebat berupa kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. di isi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah disaat masak.


Jual Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Pohon Sonokeling


Jual Pohon Sonokeling


didunia ini terdapat banyak sekali jenis – tipe pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan terdapat banyak pohon yang lain. Pohon punya banyak kegunaan buat manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan banyak lagi manfaat pohon bangi manusia. tapi dari demikian banyak pohon yg kita kenal hanya terdapat banyak pohon yg di kira istimewa, gak tahu dari memiliki bentuk, faedahnya, cara hidupnya, atau narasi mistis yg berkembang terkait pohon tersebut . Pohon sonokeling adalah diantara satu tipe pohon yang di kira istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yang memiliki tekstur lembut, serta memiliki nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling kondang awet, dikarenakan kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap ataupun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras bikin kayu yg dibuat pohon sonokeling jadi jadi awet dan tidak mudah lapuk ataupun hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu karna banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memanfaatkan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu waktu yang cukup lama untuk menghasilkan kayu siap pakai, padahal permohonan kayu yg dibuat pohon sonokeling senantiasa meningkat bersamaan dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan basic kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yang semakin tua bakal jadi lebih mahal harga nya, begitu juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling semakin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meskipun termasuk investasi waktu panjang, yakni di atas 10 tahun. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya pun semakin mahal. biarpun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak digunakan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kwalitas kayunya maximum yaitu setelah pohon berusia 20 tahun. walaupun begitu, kali saja ia dibiarkan bahkan hingga 50 th.. tapi perlu diperhatikan kalau makin lama investasi, resikonya juga jadi lebih besar.

Sonokeling termasuk ke kayu keras dengan bobot lagi tengah hingga berat. Berat ragamnya antara 0, 77-0, 86 pada persentase air lebih kurang 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta terkadang berombak. Kayu ini awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan benar-benar tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yg udah tua. rata-rata, akar pohon yang telah berumur beberapa puluh th. dapat tumbuh tunas-tunas baru. Kemudian tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan kurang lebih dua minggu.

Setelah itu, tunas bisa ditanam di polybag dan mau tumbuh besar nantinya. sehabis memiliki ukuran seputar 30 centimeter hingga 1 meter, tunas sudah dapat dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

Ketika juga akan ditanam, unsur hara di tanah mesti telah komplit. maka dari itu tanah mesti digemburkan terlebih dahulu serta diberi pupuk kompos. Supaya tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon seputar 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, pertumbuhan pohon tdk terganggu pohon lain serta batangnya bisa lurus. Pada masa awal tanam, pohon Sonokeling masihlah membutuhkan pemupukan intensif.

selagi satu sampai dua th. pertama, tanaman seharusnya diberi pupuk dua minggu sekali. selanjutnya, pemupukan cukup 2 x satu tahun, yaitu saat musim hujan serta mendekati musim kemarau.

Pola pemupukan selalu dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. Jika mendambakan kayu yang sangatlah keras dan kuat, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 th. sampai 50 tahun.

sehabis pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. Akan lebih baik sekiranya akar ini jadikan induk yang selalu membuahkan tunas baru. tapi, buat Anda yang belum pula memiliki pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling gampang bisa dengan beli bibit di pasar.

waktu ini banyak pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada umur kurang lebih lima tahun. akan tetapi, harga jualnya lebih murah dikarenakan usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg sudah dipanen waktu usia lima th. itu masihlah dapat tumbuh sekali lagi untuk dipanen ke dua kalinya. selanjutnya, biasanya pohon tidak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yg butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yang berada di lebih kurang pohon mesti rajin dibikin bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan sampai pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Jual Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling