Jual Sonokeling Bandung

Jual Sonokeling Bandung


Jual Sonokeling Bandung - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal jadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. judul lebat berwujud kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah waktu masak.


Jual Sonokeling Bandung


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Sonokeling Bandung


Jual Sonokeling Bandung


didunia ini masih banyak sekali model – model pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan masih banyak pohon yang lainnya. Pohon miliki banyak faedah buat manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, jadi paru – paru dunia, dan masih banyak lagi manfaat pohon bangi manusia. namun dari sekian banyak pohon yang kita kenal cuma terdapat banyak pohon yang di kira istimewa, gak tahu dari memiliki bentuk, kemanfaatannya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yg berkembang tentang pohon itu. Pohon sonokeling adalah salah satu style pohon yang dikira istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa karna pohon sonokeling menghasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, serta miliki nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling terkenal awet, karna kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap ataupun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat serta keras bikin kayu yg dibuat pohon sonokeling menjadi tambah awet serta tdk enteng lapuk maupun hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling sudah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yang tergolong mewah memanfaatkan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu waktu yang cukup lama untuk hasilkan kayu siap gunakan, padahal keinginan kayu yg dibuat pohon sonokeling selalu bertambah sejalan dengan meningkatnya keinginan barang – barang yg bahannya dasar kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yang makin tua mau makin mahal harganya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi lebih besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meski termasuk investasi jangka panjang, yakni diatas 10 tahun. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya juga jadi lebih mahal. walaupun, kini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak diperlukan terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling biar kualitas kayunya optimal merupakan sehabis pohon berusia 20 tahun. meski saat, dapat saja ia dibiarkan bahkan juga sampai 50 th.. tapi butuh diperhatikan bahwa semakin lama investasi, resikonya juga jadi tambah besar.

Sonokeling termasuk ke dalam kayu keras dengan bobot tengah sampai berat. Berat ragamnya pada 0, 77-0, 86 pada kandungan air sekitar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadang-kadang berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan begitu tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. rata-rata, akar pohon yang sudah berusia puluhan tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan seputar dua minggu.

selanjutnya, tunas dapat ditanam di polybag dan dapat tumbuh besar ke depannya. Setelah berukuran sekitar 30 cm. hingga 1 mtr., tunas sudah bisa dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

kala dapat ditanam, unsur hara di tanah mesti telah lengkap. Untuk itu tanah harus digemburkan lebih dahulu serta di beri pupuk kompos. Supaya tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon sekitaran 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon beda serta batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masihlah memerlukan pemupukan intensif.

selagi satu hingga dua th. pertama, tanaman selayaknya diberi pupuk dua minggu sekali. kemudian, pemupukan cukup dua kali satu tahun, ialah menjelang musim hujan serta menjelang musim kemarau.

alur pemupukan terus dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. Jika mendambakan kayu yg sangatlah keras dan tangguh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 th. hingga 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, di sisi akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. semakin tambah baik jika akar ini dijadikan induk yang bakal jadi menghasilkan tunas baru. Namun, untuk Anda yang belum miliki pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling enteng bisa dengan beli bibit di pasar.

sekarang beberapa pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada usia sekitaran lima th.. akan tetapi, harga jualnya lebih murah dikarenakan umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg telah dipanen selagi usia lima tahun itu masih tetap bisa tumbuh kembali untuk dipanen ke-2 kalinya. sesudah itu, biasanya pohon tdk tumbuh lagi.

Ada dua hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon baiknya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yg berada di lebih kurang pohon harus rajin dibuat bersih. terlebih pada masamasa awal pertumbuhan sampai pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Jual Sonokeling Bandung


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling