Jual Sonokeling Semarang

Jual Sonokeling Semarang


Jual Sonokeling Semarang - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot sedang dan berkwalitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran sedang sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1, 5–2 m. tema lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas serta keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah dikala masak.


Jual Sonokeling Semarang


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Sonokeling Semarang


Jual Sonokeling Semarang


didunia ini masih banyak sekali model – style pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan banyak pohon yang lainnya. Pohon punyai banyak faedah bagi manusia seperti tempat berteduh, mencegah abrasi, sebagai paru – paru dunia, serta banyak sekali lagi kegunaan pohon bangi manusia. namun dari demikian banyak pohon yg kita kenal cuma terdapat banyak pohon yang dikira istimewa, tidak tahu dari punyai bentuk, manfaatnya, cara hidupnya, atau cerita mistis yg berkembang terkait pohon tersebut . Pohon sonokeling adalah salah satu tipe pohon yg dipandang istimewa. Pohon sonokeling dipandang istimewa karna pohon sonokeling hasilkan kayu yang bertekstur lembut, serta punyai nilai dekoratif yg cukup baik. Selain itu kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling populer awet, lantaran kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap ataupun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat dan keras membuat kayu yang dibuat pohon sonokeling jadi makin awet serta tidak gampang lapuk atau hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling telah jadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yg termasuk mewah memanfaatkan kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu waktu yg cukup lama utk hasilkan kayu siap gunakan, walaupun sebenarnya keinginan kayu yang dibuat pohon sonokeling terus meningkat sejalan dengan meningkatnya permintaan barang – barang yg berbahan basic kayu bermutu. Pohon sonokeling yang semakin tua dapat jadi lebih mahal harga nya, demikian juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi lebih besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk investasi periode panjang, yaitu di atas 10 tahun. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya jadi harga kayunya juga makin mahal. Meskipun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga udah banyak digunakan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kwalitas kayunya maksimum merupakan sehabis pohon berusia 20 th.. walaupun saat, kemungkinan ia dilewatkan bahkan juga sampai 50 th.. akan tetapi butuh diperhatikan bahwa makin lama investasi, resikonya pun makin besar.

Sonokeling termasuk kedalam kayu keras dengan bobot lagi tengah sampai berat. Berat macamnya antara 0, 77-0, 86 pada kandungan air sekitar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadang kala berombak. Kayu ini juga awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan sangat tahan pada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini dapat diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. Biasanya, akar pohon yg sudah berusia beberapa puluh tahun mau tumbuh tunas-tunas baru. lalu tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan sekitar dua minggu.

sesudah itu, tunas dapat ditanam di polybag serta juga akan tumbuh besar selanjutnya. sesudah berukuran kira-kira 30 cm. hingga 1 meter, tunas sudah dapat jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

Ketika mau ditanam, unsur hara di tanah mesti sudah komplet. Untuk itu tanah mesti digemburkan lebih dahulu dan di beri pupuk kompos. agar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon sekitaran 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon beda serta batangnya dapat lurus. Pada masa awal tanam, pohon Sonokeling masih memerlukan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. seterusnya, pemupukan cukup 2 x setahun, ialah mendekati musim hujan serta mendekati musim kemarau.

Pola pemupukan selalu dilaksanakan selagi bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. bila menginginkan kayu yang sangat keras serta kuat, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 tahun hingga 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, pada sisi akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat dijadikan calon bibit. Akan lebih baik andaikan akar ini jadikan induk yang akan terus menghasilkan tunas baru. Namun, bagi Anda yg belum pula punyai pohon indukan berusia tua, maka alternatif paling gampang bisa dengan beli bibit di pasar.

waktu ini beberapa pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada usia kira-kira lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah dikarenakan usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang udah dipanen kala usia lima tahun itu masih dapat tumbuh lagi untuk dipanen ke-2 kalinya. kemudian, biasanya pohon tak tumbuh lagi.

Ada dua hal yang butuh diperhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. diatas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang berada pada seputar pohon harus rajin dibuat bersih. terlebih pada masamasa awal perkembangan hingga pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Jual Sonokeling Semarang


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling