Jual Sonokeling Yogyakarta

Jual Sonokeling Yogyakarta


Jual Sonokeling Yogyakarta - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot lagi tengah serta memiliki kwalitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran sedang hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1, 5–2 m. judul lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. diisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah disaat masak.


Jual Sonokeling Yogyakarta


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Sonokeling Yogyakarta


Jual Sonokeling Yogyakarta


didunia ini masih banyak sekali style – jenis pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta ada banyak pohon yang lain. Pohon memiliki banyak faedah buat manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan banyak sekali lagi fungsi pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal hanya ada banyak pohon yang di kira istimewa, tidak tahu dari bentuknya, kemanfaatannya, cara hidupnya, atau cerita mistis yang berkembang berkenaan pohon tersebut . Pohon sonokeling adalah di antara tipe pohon yg dianggap istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa karena pohon sonokeling menghasilkan kayu yang mempunyai tekstur lembut, dan miliki nilai dekoratif yg cukup baik. Selain itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling tenar awet, karena kayu pohon sonokeling sanggup melawan serangan hewan rayap ataupun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras membuat kayu yg dibuat pohon sonokeling jadi jadi awet dan tak gampang lapuk ataupun hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memanfaatkan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling utk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh saat yang cukup lama untuk hasilkan kayu siap gunakan, meski sebenarnya permintaan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus bertambah bersamaan dengan meningkatnya permohonan barang – barang yang berbahan basic kayu berkualitas. Pohon sonokeling yg jadi lebih tua mau jadi tambah mahal harga nya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling makin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk juga investasi periode panjang, yaitu di atas 10 tahun. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya maka harga kayunya lantas jadi tambah mahal. meskipun, kini kayu Sonokeling muda juga telah banyak difungsikan terlebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kualitas kayunya maksimum adalah sehabis pohon berusia 20 tahun. meskipun sangat, kali saja ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 th.. tapi butuh diperhatikan bahwa jadi lebih lama investasi, resikonya lantas makin besar.

Sonokeling termasuk juga kedalam kayu keras dengan bobot tengah sampai berat. Berat ragamnya pada 0, 77-0, 86 pada kandungan air kira-kira 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadangkala berombak. Kayu ini awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering serta sangatlah tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. Biasanya, akar pohon yg sudah berusia puluhan tahun akan tumbuh tunas-tunas baru. lantas tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan sekitar dua minggu.

seterusnya, tunas dapat ditanam di polybag serta dapat tumbuh besar selanjutnya. Setelah berukuran kurang lebih 30 centimeter sampai 1 meter, tunas udah bisa dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu juga akan ditanam, unsur hara di tanah mesti udah lengkap. karenanya tanah harus digemburkan lebih dahulu dan diberi pupuk kompos. Supaya tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon kira-kira 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, pertumbuhan pohon tak terganggu pohon beda serta batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih tetap membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. selanjutnya, pemupukan cukup dua kali setahun, yaitu mendekati musim hujan serta saat musim kemarau.

Pola pemupukan selalu dijalankan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. kalau ingin kayu yang sangatlah keras dan kokoh, pohon sonokeling bisa ditebang pada umur 20 th. sampai 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, pada bagian akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. akan tambah baik jikalau akar ini dijadikan induk yang selalu menghasilkan tunas baru. akan tetapi, bagi Anda yang belum pula memiliki pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling gampang bisa dengan membeli bibit di pasar.

sekarang banyak pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada usia kira-kira lima th.. Namun, harga jualnya lebih murah dikarenakan umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang telah dipanen pas umur lima tahun itu masihlah dapat tumbuh sekali lagi buat dipanen ke dua kalinya. seterusnya, biasanya pohon tidak tumbuh kembali.

Ada dua hal yg butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yang ada pada seputar pohon harus rajin dibuat bersih. lebih-lebih pada masamasa awal pertumbuhan hingga pohon berukuran 8 meter.


Jual Sonokeling Yogyakarta


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

  1. Harga berapa bibit sonokeling ukuran40 cm...?kalau 5 biniy bs kitom ke jogja nggak...?

    BalasHapus
  2. Berapa harga benih yg sudah 1 meter

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling