Pohon Sonokeling Terbesar

Pohon Sonokeling Terbesar


Pohon Sonokeling Terbesar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot lagi tengah serta bermutu tinggi itu dalam perdagangan dikenal jadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang meraih 1, 5–2 m. Tajuk lebat berwujud kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di segi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yg lunak kecoklatan, polong tak memecah waktu masak.


Pohon Sonokeling Terbesar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Sonokeling Terbesar


Pohon Sonokeling Terbesar


didunia ini masih banyak sekali tipe – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan ada banyak pohon yang lainnya. Pohon memiliki banyak kegunaan untuk manusia seperti tempat berteduh, menghambat abrasi, menjadi paru – paru dunia, dan banyak kembali fungsi pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yg kita kenal hanya ada beberapa pohon yang dikira istimewa, entah dari bentuknya, kemanfaatannya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang terkait pohon itu. Pohon sonokeling yaitu salah satunya model pohon yang dipandang istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa dikarenakan pohon sonokeling hasilkan kayu yang bertekstur lembut, dan punya nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling terkenal awet, dikarenakan kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras bikin kayu yg dibuat pohon sonokeling jadi jadi awet dan tdk enteng lapuk atau hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yg termasuk mewah memanfaatkan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling utk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu waktu yang cukup lama utk hasilkan kayu siap gunakan, meskipun sebenarnya keinginan kayu yang dibuat pohon sonokeling selalu meningkat seiring dengan meningkatnya permohonan barang – barang yg berbahan dasar kayu berkualitas. Pohon sonokeling yang semakin tua juga akan makin mahal harga nya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling semakin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, biarpun termasuk investasi periode panjang, yaitu diatas 10 th.. Prinsipnya, semakin tua pohonnya maka harga kayunya pun jadi tambah mahal. biarpun, kini kayu Sonokeling muda juga udah banyak dipakai terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar mutu kayunya maksimal merupakan setelah pohon berusia 20 tahun. Walau begitu, dapat saja ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 tahun. Namun butuh di perhatikan bahwa makin lama investasi, resikonya pun jadi tambah besar.

Sonokeling termasuk ke kayu keras dengan bobot tengah hingga berat. Berat ragamnya antara 0, 77-0, 86 pada kadar air kira-kira 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadangkala berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering serta benar-benar tahan pada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang sudah tua. kebanyakan, akar pohon yang telah berumur puluhan tahun dapat tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan lebih kurang dua minggu.

seterusnya, tunas bisa ditanam di polybag serta akan tumbuh besar nantinya. sesudah memiliki ukuran lebih kurang 30 cm. sampai 1 meter, tunas udah dapat dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu bakal ditanam, unsur hara di tanah harus telah komplet. oleh karena itu tanah harus digemburkan lebih dahulu dan di beri pupuk kompos. Supaya tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon kira-kira 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon lain dan batangnya dapat lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih perlu pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman semestinya diberi pupuk dua minggu sekali. selanjutnya, pemupukan cukup dua kali 1 tahun, yaitu saat musim hujan dan mendekati musim kemarau.

alur pemupukan terus ditunaikan selagi bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. seandainya ingin kayu yang sangatlah keras dan kokoh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 tahun sampai 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, pada bagian akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yang bisa jadikan calon bibit. semakin lebih baik andaikan akar ini dijadikan induk yg selalu membuahkan tunas baru. tapi, buat Anda yang belum pula punyai pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling enteng dapat dengan membeli bibit di pasar.

sekarang ini beberapa pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur kurang lebih lima th.. tetapi, harga jualnya lebih murah karena usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg sudah dipanen waktu usia lima th. itu masih tetap bisa tumbuh kembali untuk dipanen ke-2 kalinya. Setelah itu, kebanyakan pohon tidak tumbuh kembali.

Ada dua hal yg perlu di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon selayaknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 mtr. diatas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma serta tanaman pengganggu yang berada pada kurang lebih pohon mesti rajin dibikin bersih. terlebih pada masamasa awal pertumbuhan hingga pohon memiliki ukuran 8 mtr..


Pohon Sonokeling Terbesar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling