Bibit Pohon Sonokeling

Bibit Pohon Sonokeling


Bibit Pohon Sonokeling - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot tengah serta memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang capai 1, 5–2 m. bahasan lebat berwujud kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun bersifat menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas serta keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. memuat 1-4 butir biji yg lunak kecoklatan, polong tidak memecah ketika masak.


Bibit Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Bibit Pohon Sonokeling


Bibit Pohon Sonokeling


didunia ini ada banyak sekali model – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta ada banyak pohon yang lain. Pohon mempunyai banyak fungsi untuk manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, sebagai paru – paru dunia, serta banyak kembali faedah pohon bangi manusia. Tetapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal cuma terdapat banyak pohon yg dikira istimewa, tidak tahu dari bentuknya, gunanya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang berkenaan pohon itu. Pohon sonokeling adalah satu diantara jenis pohon yang dipandang istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yang mempunyai tekstur lembut, dan punyai nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling tenar awet, lantaran kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap maupun serangan jamur. Ditambah lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat dan keras membuat kayu yang dihasilkan pohon sonokeling menjadi lebih awet serta tak mudah lapuk atau hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling udah jadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yg tergolong mewah menggunakan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh waktu yang cukup lama buat menghasilkan kayu siap pakai, walau sebenarnya permintaan kayu yg dihasilkan pohon sonokeling terus meningkat seiring dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan dasar kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yg jadi lebih tua mau semakin mahal harganya, begitu juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi lebih besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meskipun termasuk juga investasi periode panjang, yakni diatas 10 tahun. Prinsipnya, makin tua pohonnya maka harga kayunya lantas makin mahal. Meskipun, kini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak diperlukan lebih-lebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling biar kwalitas kayunya maksimum yaitu sehabis pohon berumur 20 tahun. meskipun saat, mungkin ia dilewatkan bahkan juga hingga 50 tahun. tapi perlu diperhatikan bahwa jadi lebih lama investasi, resikonya lantas jadi lebih besar.

Sonokeling termasuk juga ke dalam kayu keras dengan bobot tengah hingga berat. Berat macamnya antara 0, 77-0, 86 pada takaran air lebih kurang 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang kadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan benar-benar tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif mudah. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang sudah tua. rata-rata, akar pohon yg udah berumur puluhan tahun akan tumbuh tunas-tunas baru. lantas tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan sekitar dua minggu.

selanjutnya, tunas dapat ditanam di polybag serta mau tumbuh besar ke depannya. Setelah memiliki ukuran sekitar 30 cm. sampai 1 meter, tunas udah bisa jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

Ketika dapat ditanam, unsur hara di tanah harus udah komplit. oleh karena itu tanah mesti digemburkan terlebih dulu serta diberi pupuk kompos. agar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon seputar 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon lain serta batangnya bisa lurus. pada saat awal tanam, pohon Sonokeling masihlah membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua th. pertama, tanaman seharusnya diberi pupuk dua minggu sekali. kemudian, pemupukan cukup 2 x 1 tahun, yaitu menjelang musim hujan serta mendekati musim kemarau.

alur pemupukan selalu ditunaikan selama bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. sekiranya ingin kayu yang benar-benar keras dan kokoh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 tahun sampai 50 tahun.

sehabis pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat dijadikan calon bibit. semakin lebih baik jikalau akar ini dijadikan induk yg bakal jadi menghasilkan tunas baru. tapi, untuk Anda yang belum juga punyai pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling mudah dapat dengan membeli bibit di pasar.

waktu ini beberapa pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada usia kurang lebih lima th.. Namun, harga jualnya lebih murah karena usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg sudah dipanen sementara umur lima tahun itu masih tetap bisa tumbuh kembali untuk dipanen ke dua kalinya. kemudian, biasanya pohon tdk tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yang butuh diperhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang berada di sekitar pohon harus rajin dibersihkan. khususnya pada masamasa awal pertumbuhan hingga pohon berukuran 8 mtr..


Bibit Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling