Cara Menanam Pohon Sonokeling

Cara Menanam Pohon Sonokeling


Cara Menanam Pohon Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot sedang serta memiliki kwalitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal menjadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon berukuran sedang sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. judul lebat bersifat kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah saat masak.


Cara Menanam Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Cara Menanam Pohon Sonokeling


Cara Menanam Pohon Sonokeling


Di dunia ini terdapat banyak sekali style – jenis pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta terdapat banyak pohon yang lain. Pohon punya banyak kegunaan buat manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, menjadi paru – paru dunia, dan ada banyak lagi faedah pohon bangi manusia. namun dari demikian banyak pohon yg kita kenal cuma ada beberapa pohon yang dipandang istimewa, entah dari bentuknya, kemanfaatannya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang perihal pohon tersebut . Pohon sonokeling yaitu salah satunya jenis pohon yg di anggap istimewa. Pohon sonokeling di anggap istimewa karena pohon sonokeling menghasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, serta memiliki nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling tenar awet, dikarenakan kayu pohon sonokeling mampu melawan serangan hewan rayap mau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras buat kayu yg dihasilkan pohon sonokeling menjadi tambah awet serta tidak gampang lapuk maupun hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah menggunakan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh waktu yang cukup lama untuk membuahkan kayu siap pakai, walau sebenarnya keinginan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus bertambah seiring dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan dasar kayu berkualitas. Pohon sonokeling yg makin tua akan semakin mahal harganya, demikian halnya dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walaupun termasuk juga investasi waktu panjang, yakni di atas 10 th.. Prinsipnya, semakin tua pohonnya maka harga kayunya pun jadi tambah mahal. meskipun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak diperlukan khususnya dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling agar mutu kayunya optimal adalah sesudah pohon berumur 20 th.. meskipun demikian, kali saja ia dibiarkan bahkan hingga 50 tahun. Namun butuh jadi perhatian kalau semakin lama investasi, resikonya pun makin besar.

Sonokeling termasuk juga ke dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Berat ragamnya pada 0, 77-0, 86 pada takaran air sekitaran 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan terkadang berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan sangat tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif mudah. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yg udah tua. umumnya, akar pohon yang udah berumur beberapa puluh th. bakal tumbuh tunas-tunas baru. lantas tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan seputar dua minggu.

selanjutnya, tunas dapat ditanam di polybag serta dapat tumbuh besar kedepannya. sesudah berukuran kira-kira 30 centimeter hingga 1 mtr., tunas udah dapat dijadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

waktu akan ditanam, unsur hara di tanah mesti telah komplet. maka dari itu tanah mesti digemburkan terlebih dulu dan di beri pupuk kompos. agar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon sekitar 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon lain serta batangnya dapat lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masih perlu pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua th. pertama, tanaman sebaiknya di beri pupuk dua minggu sekali. sesudah itu, pemupukan cukup dua kali satu tahun, ialah mendekati musim hujan serta mendekati musim kemarau.

alur pemupukan terus dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. seumpama mengidamkan kayu yang sangat keras serta kuat, pohon sonokeling bisa ditebang pada umur 20 tahun hingga 50 tahun.

sehabis pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yg bisa jadikan calon bibit. Akan lebih baik bila akar ini dijadikan induk yang bakal jadi menghasilkan tunas baru. tapi, buat Anda yg belum punyai pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling gampang bisa dengan membeli bibit di pasar.

sekarang beberapa pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur sekitar lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah karna umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang sudah dipanen kala usia lima tahun itu masih bisa tumbuh sekali lagi utk dipanen ke-2 kalinya. selanjutnya, kebanyakan pohon tidak tumbuh kembali.

Ada dua hal yg butuh di cermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon baiknya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yang ada di kira-kira pohon harus rajin dibikin bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan hingga pohon memiliki ukuran 8 mtr..


Cara Menanam Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah