Deskripsi Pohon Sonokeling

Deskripsi Pohon Sonokeling


Deskripsi Pohon Sonokeling - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot lagi tengah dan memiliki kwalitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran lagi tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang mencapai 1, 5–2 m. bahasan lebat bersifat kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas serta keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yg lunak kecoklatan, polong tdk memecah waktu masak.


Deskripsi Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Deskripsi Pohon Sonokeling


Deskripsi Pohon Sonokeling


Di dunia ini masih banyak sekali tipe – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan masih banyak pohon yang lainnya. Pohon punya banyak manfaat buat manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, jadi paru – paru dunia, dan ada banyak lagi kegunaan pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal hanya ada beberapa pohon yg dipandang istimewa, gak tahu dari mempunyai bentuk, gunanya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yg berkembang perihal pohon tersebut . Pohon sonokeling yaitu satu diantara jenis pohon yang dianggap istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa lantaran pohon sonokeling menghasilkan kayu yang memiliki tekstur lembut, dan mempunyai nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling populer awet, karena kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap ataupun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras membuat kayu yg dihasilkan pohon sonokeling jadi lebih awet dan tidak mudah lapuk maupun hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling sudah jadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yg tergolong mewah menggunakan kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling membutuhkan saat yg cukup lama buat menghasilkan kayu siap gunakan, padahal permohonan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling terus bertambah seiring dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan basic kayu berkualitas. Pohon sonokeling yang jadi lebih tua dapat jadi lebih mahal harganya, begitu juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling makin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk investasi jangka panjang, yaitu diatas 10 th.. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya juga jadi lebih mahal. biarpun, waktu ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak dimanfaatkan terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kwalitas kayunya optimal yaitu sesudah pohon berusia 20 tahun. Walau saat, bisa saja ia dilewatkan bahkan juga hingga 50 th.. tetapi butuh di perhatikan kalau jadi lebih lama investasi, resikonya juga jadi tambah besar.

Sonokeling termasuk juga kedalam kayu keras dengan bobot lagi tengah hingga berat. Berat ragamnya antara 0, 77-0, 86 pada persentase air seputar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan sering kadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering dan begitu tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang udah tua. umumnya, akar pohon yang udah berusia beberapa puluh tahun juga akan tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan seputar dua minggu.

selanjutnya, tunas dapat ditanam di polybag serta mau tumbuh besar nantinya. sesudah memiliki ukuran seputar 30 cm. hingga 1 meter, tunas telah bisa jadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

Ketika bakal ditanam, unsur hara di tanah harus udah lengkap. sebab itu tanah harus digemburkan terlebih dulu dan diberi pupuk kompos. agar tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon lebih kurang 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, pertumbuhan pohon tak terganggu pohon beda serta batangnya bisa lurus. pada saat awal tanam, pohon Sonokeling masih tetap butuh pemupukan intensif.

selagi satu sampai dua tahun pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. Setelah itu, pemupukan cukup 2 x 1 tahun, ialah menjelang musim hujan serta saat musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa dikerjakan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. seandainya mendambakan kayu yg sangat keras dan kuat, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 tahun hingga 50 th..

sesudah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat dijadikan calon bibit. Akan lebih baik misalnya akar ini jadikan induk yg bakal jadi menghasilkan tunas baru. tapi, buat Anda yg belum juga punya pohon indukan berusia tua, maka alternatif paling enteng dapat dengan beli bibit di pasar.

Saat ini banyak pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur seputar lima tahun. tapi, harga jualnya lebih murah dikarenakan usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang udah dipanen selagi usia lima tahun itu masihlah bisa tumbuh kembali untuk dipanen ke dua kalinya. sesudah itu, kebanyakan pohon tak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yg butuh dicermati dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon semestinya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yg berada pada kira-kira pohon harus rajin dibikin bersih. Terutama pada masamasa awal pertumbuhan sampai pohon berukuran 8 meter.


Deskripsi Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling