Jual Bibit Pohon Sonokeling

Jual Bibit Pohon Sonokeling


Jual Bibit Pohon Sonokeling - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling adalah nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot tengah serta memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon berukuran lagi tengah sampai besar, tingginya 20-40 m dengan gemang meraih 1, 5–2 m. tema lebat berupa kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun bersifat menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. memuat 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah kala masak.


Jual Bibit Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Bibit Pohon Sonokeling


Jual Bibit Pohon Sonokeling


Di dunia ini terdapat banyak sekali type – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta ada banyak pohon yang lain. Pohon memiliki banyak fungsi bagi manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, menjadi paru – paru dunia, serta terdapat banyak kembali fungsi pohon bangi manusia. namun dari sekian banyak pohon yang kita kenal cuma terdapat banyak pohon yang dianggap istimewa, tidak tahu dari mempunyai bentuk, manfaatnya, langkah hidupnya, atau cerita mistis yang berkembang tentang pohon itu. Pohon sonokeling yaitu diantara jenis pohon yg di anggap istimewa. Pohon sonokeling di anggap istimewa lantaran pohon sonokeling menghasilkan kayu yg bertekstur lembut, serta miliki nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling terkenal awet, lantaran kayu pohon sonokeling mampu melawan serangan hewan rayap mau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras bikin kayu yg dibuat pohon sonokeling menjadi makin awet serta tidak enteng lapuk ataupun hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah menggunakan kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling membutuhkan waktu yg cukup lama utk menghasilkan kayu siap pakai, padahal permohonan kayu yg dihasilkan pohon sonokeling senantiasa meningkat seiring dengan meningkatnya permohonan barang – barang yg berbahan basic kayu bermutu. Pohon sonokeling yang jadi tambah tua mau jadi lebih mahal harganya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk investasi periode panjang, yaitu di atas 10 th.. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya jadi harga kayunya lantas makin mahal. Meskipun, saat ini kayu Sonokeling muda juga udah banyak difungsikan terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling biar kualitas kayunya optimal merupakan sehabis pohon berusia 20 th.. meski saat, kemungkinan ia dilewatkan bahkan sampai 50 th.. tetapi butuh dicermati bahwa makin lama investasi, resikonya pun semakin besar.

Sonokeling termasuk juga kedalam kayu keras dengan bobot tengah hingga berat. Berat jenisnya antara 0, 77-0, 86 pada takaran air lebih kurang 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadangkala berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering serta sangatlah tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang sudah tua. kebanyakan, akar pohon yang telah berusia puluhan tahun juga akan tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan sekitar dua minggu.

sesudah itu, tunas bisa ditanam di polybag serta dapat tumbuh besar ke depannya. sehabis berukuran seputar 30 cm. sampai 1 meter, tunas udah dapat dijadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

kala akan ditanam, unsur hara di tanah harus telah lengkap. karenanya tanah mesti digemburkan terlebih dulu serta diberi pupuk kompos. Supaya tumbuh maksimal, jarak tanam antar pohon sekitar 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon lain dan batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masih membutuhkan pemupukan intensif.

selagi satu hingga dua th. pertama, tanaman selayaknya di beri pupuk dua minggu sekali. sesudah itu, pemupukan cukup dua kali 1 tahun, yakni mendekati musim hujan serta mendekati musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa ditunaikan selagi bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. seumpama mengidamkan kayu yg sangat keras serta tangguh, pohon sonokeling dapat ditebang pada umur 20 th. sampai 50 th..

Setelah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, pada sisi akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yang bisa jadikan calon bibit. semakin tambah baik kalau akar ini jadikan induk yang bakal jadi hasilkan tunas baru. tapi, bagi Anda yang belum memiliki pohon indukan berumur tua, jadi alternatif paling mudah bisa dengan membeli bibit di pasar.

Saat ini para pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada umur seputar lima th.. tetapi, harga jualnya lebih murah karena umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg udah dipanen selagi umur lima tahun itu masih dapat tumbuh kembali utk dipanen ke dua kalinya. Setelah itu, biasanya pohon tidak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yang butuh diperhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon sebaiknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 mtr. diatas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma serta tanaman pengganggu yg berada pada seputar pohon harus rajin dibersihkan. khususnya pada masamasa awal pertumbuhan sampai pohon berukuran 8 meter.


Jual Bibit Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling