Jual Biji Sonokeling

Jual Biji Sonokeling


Jual Biji Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot lagi tengah serta berkwalitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal menjadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran lagi tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. bahasan lebat bersifat kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berbentuk menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah saat masak.


Jual Biji Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Biji Sonokeling


Jual Biji Sonokeling


didunia ini ada banyak sekali jenis – tipe pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, serta terdapat banyak pohon yang lainnya. Pohon memiliki banyak faedah bagi manusia seperti tempat berteduh, menahan abrasi, sebagai paru – paru dunia, dan banyak lagi fungsi pohon bangi manusia. Tetapi dari demikian banyak pohon yg kita kenal hanya terdapat banyak pohon yang di anggap istimewa, gak tahu dari memiliki bentuk, gunanya, cara hidupnya, atau cerita mistis yang berkembang mengenai pohon itu. Pohon sonokeling adalah diantara tipe pohon yang dianggap istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa karena pohon sonokeling membuahkan kayu yang bertekstur lembut, dan mempunyai nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling populer awet, lantaran kayu pohon sonokeling sanggup melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yg rapat dan keras membuat kayu yang dibuat pohon sonokeling menjadi jadi awet dan tidak mudah lapuk maupun hancur.

Kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling sudah jadi primadona di pasar kayu karna banyak perushaan pembuat venir yg tergolong mewah memakai kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling butuh saat yang cukup lama utk menghasilkan kayu siap gunakan, walaupun sebenarnya keinginan kayu yg dihasilkan pohon sonokeling senantiasa bertambah bersamaan dengan meningkatnya permohonan barang – barang yang bahannya basic kayu memiliki kwalitas. Pohon sonokeling yg jadi lebih tua akan jadi tambah mahal harganya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi lebih besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meski termasuk juga investasi periode panjang, yakni di atas 10 tahun. Prinsipnya, jadi lebih tua pohonnya maka harga kayunya juga jadi tambah mahal. Meskipun, saat ini kayu Sonokeling muda juga telah banyak digunakan lebih-lebih dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kualitas kayunya maksimum yaitu sehabis pohon berusia 20 tahun. Walau saat, kemungkinan ia dibiarkan bahkan juga hingga 50 tahun. tapi butuh di cermati kalau semakin lama investasi, resikonya pun makin besar.

Sonokeling termasuk ke kayu keras dengan bobot sedang sampai berat. Berat jenisnya antara 0, 77-0, 86 pada kandungan air lebih kurang 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan sering kadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering serta benar-benar tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif enteng. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang sudah tua. Biasanya, akar pohon yg sudah berumur beberapa puluh tahun bakal tumbuh tunas-tunas baru. lalu tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan seputar dua minggu.

seterusnya, tunas dapat ditanam di polybag dan akan tumbuh besar nantinya. sesudah berukuran sekitaran 30 centimeter sampai 1 mtr., tunas telah dapat dijadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

dikala dapat ditanam, unsur hara di tanah harus sudah komplit. Untuk itu tanah mesti digemburkan terlebih dahulu serta diberi pupuk kompos. biar tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon kira-kira 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon beda serta batangnya dapat lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masih membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu hingga dua tahun pertama, tanaman semestinya diberi pupuk dua minggu sekali. selanjutnya, pemupukan cukup 2 x satu tahun, yakni mendekati musim hujan serta mendekati musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa dilaksanakan selagi bertahun-tahun, hingga pohon siap dipanen. kalau mengidamkan kayu yg benar-benar keras dan kokoh, pohon sonokeling dapat ditebang pada usia 20 tahun hingga 50 tahun.

Setelah pohon tua ditebang, akarnya jangan dicabut. Pasalnya, di sisi akar itu nanti banyak tumbuh tunas baru yang dapat dijadikan calon bibit. akan tambah baik andaikan akar ini dijadikan induk yang bakal jadi hasilkan tunas baru. Namun, buat Anda yg belum punya pohon indukan berumur tua, maka alternatif paling mudah dapat dengan beli bibit di pasar.

sekarang banyak pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada usia sekitar lima tahun. akan tetapi, harga jualnya lebih murah lantaran umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang sudah dipanen saat umur lima tahun itu masih dapat tumbuh sekali lagi untuk dipanen kedua kalinya. kemudian, biasanya pohon tdk tumbuh lagi.

Ada dua hal yang perlu jadi perhatian dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon selayaknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang berada di kurang lebih pohon mesti rajin dibikin bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan sampai pohon memiliki ukuran 8 mtr..


Jual Biji Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling