Jual Log Sonokeling

Jual Log Sonokeling


Jual Log Sonokeling - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling merupakan nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yg berbobot sedang serta memiliki kualitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal sebagai Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon mempunyai ukuran sedang hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. bahasan lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di sisi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yg lunak kecoklatan, polong tidak memecah waktu masak.


Jual Log Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Log Sonokeling


Jual Log Sonokeling


didunia ini masih banyak sekali type – model pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan ada banyak pohon yang lainnya. Pohon punya banyak fungsi untuk manusia seperti tempat berteduh, menghambat abrasi, menjadi paru – paru dunia, dan terdapat banyak kembali kegunaan pohon bangi manusia. Tetapi dari demikian banyak pohon yang kita kenal hanya ada beberapa pohon yg dianggap istimewa, tak tahu dari punyai bentuk, kemanfaatannya, cara hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang berkenaan pohon itu. Pohon sonokeling yaitu diantara satu jenis pohon yg di kira istimewa. Pohon sonokeling di anggap istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yg memiliki tekstur lembut, dan mempunyai nilai dekoratif yg cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling terkenal awet, lantaran kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah sekali lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat serta keras membuat kayu yg dibuat pohon sonokeling jadi makin awet serta tak mudah lapuk atau hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yang tergolong mewah menggunakan kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling utk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling membutuhkan saat yang cukup lama untuk menghasilkan kayu siap pakai, padahal keinginan kayu yang dibuat pohon sonokeling senantiasa bertambah bersamaan dengan meningkatnya permintaan barang – barang yang berbahan dasar kayu berkwalitas. Pohon sonokeling yang jadi tambah tua akan jadi lebih mahal harganya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal pula harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meskipun termasuk investasi waktu panjang, yaitu diatas 10 tahun. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya maka harga kayunya lantas makin mahal. kendati, kini kayu Sonokeling muda juga telah banyak dipakai terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kualitas kayunya maximum yaitu setelah pohon berumur 20 tahun. meskipun begitu, dapat saja ia dilewatkan bahkan juga hingga 50 tahun. akan tetapi perlu jadi perhatian kalau makin lama investasi, resikonya pun jadi lebih besar.

Sonokeling termasuk juga dalam kayu keras dengan bobot sedang sampai berat. Berat jenisnya antara 0, 77-0, 86 pada kandungan air kurang lebih 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta sering kadang berombak. Kayu ini awet, tahan terhadap serangan rayap kayu kering dan sangatlah tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yang telah tua. Biasanya, akar pohon yg telah berusia beberapa puluh tahun juga akan tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan sekitar dua minggu.

kemudian, tunas dapat ditanam di polybag dan juga akan tumbuh besar ke depannya. sesudah memiliki ukuran kurang lebih 30 cm. hingga 1 meter, tunas sudah dapat dijadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

waktu dapat ditanam, unsur hara di tanah mesti udah komplet. karena itu tanah harus digemburkan terlebih dulu dan diberi pupuk kompos. Supaya tumbuh maksimum, jarak tanam antar pohon sekitar 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, pertumbuhan pohon tidak terganggu pohon lain serta batangnya bisa lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masihlah membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua tahun pertama, tanaman mestinya diberi pupuk dua minggu sekali. kemudian, pemupukan cukup dua kali 1 tahun, ialah mendekati musim hujan serta menjelang musim kemarau.

alur pemupukan senantiasa dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. kalau mengidamkan kayu yg sangatlah keras dan kuat, pohon sonokeling dapat ditebang pada usia 20 th. hingga 50 tahun.

sesudah pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yg dapat dijadikan calon bibit. semakin lebih baik misalnya akar ini dijadikan induk yang akan terus menghasilkan tunas baru. akan tetapi, untuk Anda yang belum pula memiliki pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling mudah bisa dengan membeli bibit di pasar.

waktu ini beberapa pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada umur kurang lebih lima tahun. Namun, harga jualnya lebih murah karna usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg sudah dipanen sementara umur lima tahun itu masihlah bisa tumbuh sekali lagi utk dipanen ke-2 kalinya. selanjutnya, biasanya pohon tdk tumbuh lagi.

Ada dua hal yang butuh jadi perhatian dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma serta tanaman pengganggu yang ada di sekitaran pohon harus rajin dibersihkan. Terutama pada masamasa awal perkembangan sampai pohon mempunyai ukuran 8 meter.


Jual Log Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling