Jual Meja Sonokeling

Jual Meja Sonokeling


Jual Meja Sonokeling - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras dan indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan berkualitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal jadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon berukuran lagi tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang capai 1, 5–2 m. tema lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tidak sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berupa menumpul (obtusus) lebar, hijau diatas dan keabu-abuan di segi bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. Berisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah disaat masak.


Jual Meja Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Meja Sonokeling


Jual Meja Sonokeling


Di dunia ini masih banyak sekali type – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan ada banyak pohon yang lainnya. Pohon punya banyak fungsi untuk manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, jadi paru – paru dunia, serta banyak sekali lagi kegunaan pohon bangi manusia. tapi dari sekian banyak pohon yang kita kenal cuma ada banyak pohon yang di kira istimewa, tidak tahu dari mempunyai bentuk, gunanya, langkah hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang terkait pohon tersebut . Pohon sonokeling adalah diantara satu type pohon yg dipandang istimewa. Pohon sonokeling dipandang istimewa dikarenakan pohon sonokeling menghasilkan kayu yg bertekstur lembut, serta memiliki nilai dekoratif yang cukup baik. diluar itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling terkenal awet, karena kayu pohon sonokeling bisa melawan serangan hewan rayap mau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras buat kayu yang dibuat pohon sonokeling menjadi makin awet dan tidak mudah lapuk maupun hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling telah menjadi primadona di pasar kayu dikarenakan banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memakai kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling memerlukan saat yg cukup lama buat menghasilkan kayu siap pakai, walau sebenarnya permohonan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling senantiasa meningkat sejalan dengan meningkatnya keinginan barang – barang yang berbahan dasar kayu bermutu. Pohon sonokeling yang jadi lebih tua akan jadi tambah mahal harga nya, demikian juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi lebih besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk juga investasi periode panjang, yaitu di atas 10 tahun. Prinsipnya, semakin tua pohonnya maka harga kayunya lantas jadi tambah mahal. walaupun, saat ini kayu Sonokeling muda juga udah banyak difungsikan khususnya dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling biar kualitas kayunya maksimal adalah setelah pohon berusia 20 th.. Walau demikian, mungkin ia dibiarkan bahkan sampai 50 tahun. akan tetapi butuh di cermati bahwa makin lama investasi, resikonya pun makin besar.

Sonokeling termasuk ke dalam kayu keras dengan bobot lagi tengah hingga berat. Berat macamnya antara 0, 77-0, 86 pada kandungan air sekitaran 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadang kadang berombak. Kayu ini juga awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan sangatlah tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif mudah. Bibit pohon ini bisa didapat dari akar pohon Sonokeling yg telah tua. umumnya, akar pohon yang udah berumur puluhan tahun juga akan tumbuh tunas-tunas baru. Kemudian tunas dipisahkan dari induk akar dan didiamkan lebih kurang dua minggu.

Setelah itu, tunas dapat ditanam di polybag dan akan tumbuh besar kedepannya. sesudah mempunyai ukuran lebih kurang 30 centimeter sampai 1 mtr., tunas telah bisa dijadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

saat akan ditanam, unsur hara di tanah mesti sudah komplit. oleh karena itu tanah harus digemburkan terlebih dulu serta di beri pupuk kompos. Supaya tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon kurang lebih 2 x 2 m – 2 x 3 m. begitu, perkembangan pohon tak terganggu pohon beda serta batangnya dapat lurus. pada waktu awal tanam, pohon Sonokeling masihlah membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu sampai dua th. pertama, tanaman sebaiknya diberi pupuk dua minggu sekali. sesudah itu, pemupukan cukup 2 x satu tahun, ialah saat musim hujan dan saat musim kemarau.

Pola pemupukan selalu dijalankan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. andaikata ingin kayu yang begitu keras dan kokoh, pohon sonokeling bisa ditebang pada usia 20 th. hingga 50 tahun.

Setelah pohon tua ditebang, akarnya jangan sampai dicabut. Pasalnya, di bagian akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang dapat jadikan calon bibit. semakin lebih baik sekiranya akar ini dijadikan induk yg senantiasa menghasilkan tunas baru. Namun, untuk Anda yg belum mempunyai pohon indukan berumur tua, jadi alternatif paling mudah dapat dengan membeli bibit di pasar.

Saat ini para pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada umur kira-kira lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah lantaran umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yg sudah dipanen waktu usia lima tahun itu masihlah dapat tumbuh kembali untuk dipanen ke dua kalinya. selanjutnya, umumnya pohon tidak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yg butuh di perhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon selayaknya ditanam di lahan dengan ketinggian dibawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). Selain itu, gulma dan tanaman pengganggu yang berada pada kira-kira pohon mesti rajin dibuat bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan sampai pohon berukuran 8 meter.


Jual Meja Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling