Jual Papan Sonokeling

Jual Papan Sonokeling


Jual Papan Sonokeling - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama sejenis pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot tengah dan berkwalitas tinggi itu dalam perdagangan dikenal menjadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran lagi tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang meraih 1, 5–2 m. tema lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yg tdk sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun bersifat menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal dan ujungnya. di isi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tdk memecah disaat masak.


Jual Papan Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jual Papan Sonokeling


Jual Papan Sonokeling


didunia ini masih banyak sekali style – model pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan terdapat banyak pohon yang lain. Pohon memiliki banyak faedah untuk manusia seperti tempat berteduh, mencegah abrasi, menjadi paru – paru dunia, serta terdapat banyak sekali lagi faedah pohon bangi manusia. akan tetapi dari demikian banyak pohon yg kita kenal cuma terdapat banyak pohon yang di anggap istimewa, tak tahu dari bentuknya, manfaatnya, langkah hidupnya, atau cerita mistis yg berkembang terkait pohon tersebut . Pohon sonokeling merupakan diantara jenis pohon yg dikira istimewa. Pohon sonokeling dikira istimewa karna pohon sonokeling membuahkan kayu yang bertekstur lembut, dan punya nilai dekoratif yg cukup baik. diluar itu kayu yang dibuat oleh pohon sonokeling kondang awet, karna kayu pohon sonokeling mampu melawan serangan hewan rayap atau pun serangan jamur. Ditambah kembali dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras bikin kayu yang dibuat pohon sonokeling menjadi jadi awet dan tak gampang lapuk maupun hancur.

Kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling telah jadi primadona di pasar kayu lantaran banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah memanfaatkan kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling membutuhkan saat yang cukup lama untuk membuahkan kayu siap gunakan, padahal permohonan kayu yang dihasilkan pohon sonokeling selalu meningkat seiring dengan meningkatnya permohonan barang – barang yg memiliki bahan basic kayu bermutu. Pohon sonokeling yg jadi lebih tua akan makin mahal harga nya, begitu pula dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling jadi tambah besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, meski termasuk juga investasi waktu panjang, yaitu diatas 10 th.. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya jadi harga kayunya juga jadi lebih mahal. meskipun, saat ini kayu Sonokeling muda juga sudah banyak dipakai khususnya dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling biar kualitas kayunya optimal adalah sesudah pohon berumur 20 tahun. meskipun begitu, bisa saja ia dilewatkan bahkan hingga 50 th.. tapi butuh diperhatikan kalau jadi lebih lama investasi, resikonya pun makin besar.

Sonokeling termasuk juga dalam kayu keras dengan bobot lagi tengah sampai berat. Berat macamnya antara 0, 77-0, 86 pada persentase air sekitaran 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus serta kadang kadang berombak. Kayu ini awet, tahan kepada serangan rayap kayu kering dan sangat tahan kepada jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif gampang. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yg sudah tua. Biasanya, akar pohon yang udah berumur puluhan tahun dapat tumbuh tunas-tunas baru. selanjutnya tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan lebih kurang dua minggu.

kemudian, tunas bisa ditanam di polybag dan akan tumbuh besar kedepannya. sehabis memiliki ukuran seputar 30 cm. sampai 1 meter, tunas sudah bisa jadikan bibit serta ditanam di lahan perkebunan.

Ketika bakal ditanam, unsur hara di tanah harus udah komplit. karenanya tanah harus digemburkan terlebih dulu serta di beri pupuk kompos. biar tumbuh maximum, jarak tanam antar pohon seputar 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, pertumbuhan pohon tidak terganggu pohon lain dan batangnya dapat lurus. pada kala awal tanam, pohon Sonokeling masih membutuhkan pemupukan intensif.

Selama satu hingga dua tahun pertama, tanaman seharusnya di beri pupuk dua minggu sekali. seterusnya, pemupukan cukup 2 x satu tahun, ialah saat musim hujan dan menjelang musim kemarau.

Pola pemupukan selalu dikerjakan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. bila menghendaki kayu yang sangat keras serta kokoh, pohon sonokeling dapat ditebang pada usia 20 th. sampai 50 th..

sehabis pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, di sisi akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. akan tambah baik misalnya akar ini jadikan induk yg selalu menghasilkan tunas baru. akan tetapi, buat Anda yang belum juga punya pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling enteng dapat dengan beli bibit di pasar.

sekarang beberapa pembudidaya sonokeling ada yang memanen pada umur seputar lima th.. tapi, harga jualnya lebih murah dikarenakan usia kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang telah dipanen pas umur lima th. itu masih dapat tumbuh kembali untuk dipanen kedua kalinya. kemudian, umumnya pohon tak tumbuh sekali lagi.

Ada dua hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon seharusnya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma dan tanaman pengganggu yg berada di kira-kira pohon harus rajin dibikin bersih. lebih-lebih pada masamasa awal perkembangan hingga pohon berukuran 8 mtr..


Jual Papan Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling