Pembibitan Pohon Akasia

Pembibitan Pohon Akasia


Pembibitan Pohon Akasia - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon akasia adalah diantara tanaman yang sering dijumpai di indonesia. model tanaman ini sebagai di antara bahan yang biasa diperlukan dalam industri pembuatan pulp serta kertas.

Pohon ini termasuk sebagai tanaman dengan siklus panen yang cepat. Di lahan tanah yang hangat seperti di Indonesia, tanaman ini sudah bisa dipanen dalam tempo lima sampai enam tahun. makin lebih cepat jikalau dibanding dengan di Eropa yg capai 25 tahun.

Akasia juga mendukung memperbaiki susunan tanah, menghindar terjadinya banjir dan tanah longsor. begitu sesuai di tanam di daerah berbukit serta gunung. tetapi, pohon ini cocok di kontur dataran rendah.


Pembibitan Pohon Akasia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pembibitan Pohon Akasia


Pembibitan Pohon Akasia


Manfaat Kayu Akasia



Kayu akasia termasuk dalam satu diantara tipe kayu yang mempunyai nilai jual tinggi. Saat ini urutan kayu akasia dalam dunia perabotan rumah tangga berada dibawah kayu jati. Kayu akasia bisa dibentuk jadi beragam macam perabotan. inilah merupakan sebagian kegunaan kayu akasia.

- Kayu akasia bisa dipakai untuk membuat perabotan rumah khususnya untuk perabotan yg di letakkan di bagian dalam rumah. Kayu akasia benar-benar tak bisa dipakai untuk perabotan bagian luar karena tidak tahan terhadap cahaya dan air.
- Kayu akasia bisa difungsikan untuk membentuk berbagai macam hiasan tempat tinggal. berapa benda serta perlengkapan yg unik gampang dibuat dari kayu akasia. walau kayu memiliki pembawaan yang keras akan tetapi nyatanya enteng dibuat.
- Kayu akasia bisa dioleh jadi paduan bahan parfum. biarpun secara prinsip kayu akasia punyai aroma seperti air kencing tapi dapat diolah menjadi di antara kombinasi minyak wangi. Proses penyulingan minyak wangi dari kayu akasia dapat dilakukan dengan paduan lebih dari satu bahan kayu beda.
- Kayu akasia dapat digunakan menjadi hiasan. lebih dari satu jenis kayu akasia yang udah dilewatkan membatu dengan cara alami bisa dirubah jadi tanaman hias seperti bonsai.
- Kayu akasia juga bisa dipakai jadi bahan obat-obatan. Kayu akasia memiliki kandungan zat tannin yang bisa berbentuk jadi astringen. Zat ini juga akan digunakan untuk menyembuhkan berapa model penyakit seperti gangguan seksual untuk pria, penyakit rabies serta menormalkan takaran gula darah.
- Pohon akasia juga bisa diperlukan sebagai peneduh jalan serta menghindar tanah longsor. ciri-ciri pohon akasia yang tahan kepada suhu panas serta kering nyatanya sesuai sama membuat perlindungan kontur tanah di daerah perbukitan. tapi pohon akasia yang udah tua kebanyakan lebih rapuh hingga harus cepat ditebang.
- Kayu akasia dapat diperlukan sebagai bahan buat membuat kontruksi tempat tinggal. Di banyak daerah di Indonesia kayu akasia dipotong menjadi beraneka macam bentuk kontruksi tempat tinggal. Kayu akasia sangat keras dan baunya tidak diminati oleh ngengat sebab itu banyak disukai menjadi bahan tempat tinggal.
- Pohon akasia dapat tumbuh di daerah yg rawan seperti lereng-lereng, maka itu pohon akasia dapat bermanfaat buat menahan banjir dan tanah longsor.
- Kayu dari pohon akasia juga dapat diperlukan untuk membuat serat kertas. Serat kertas banyak dimanfaatkan buat bikin bahan-bahan pengemas kertas, kardus dan menjadi bahan pokok buat industri yg menggunakan kertas.
- Pohon akasia bisa menaikkan keseimbangan ekologi maka bisa melakukan perbaikan struktur tanah terlebih untuk daerah rawan seperti perbukitan serta pegunungan.

utk membudidayakan pohon akasia (acacia mangium) sanggup ditunaikan dengan memakai semai biji. tersebut berapa langkah cara menanam akasia dari bijinya :

1. mempersiapkan Benih Akasia
- tentukan biji akasia yg tua dan memiliki bentuk biji yg prima (tak keriput)
- Jemur biji akasia selama 5-6 jam di terik matahari, kemudian angkat dan letakkan di area yg teduh
- sediakan media persemaian, bisa menggunakan polybag atau rak semai. tetapi anda juga bisa membuat media semai dengan menggemburkan tanah dan membuat seperti tegalan.
- Campurkan pupuk kompos, tanah, serta pasir sebagai media semai dengan perbandingan 1 : 1 : 1. biarkanlah selama 1 hari sebelum saat ditaburi biji akasia.
- Rendam biji akasia selama 1 malam sebelumnya di semai, pisahkan biji yg terbenam dan buang biji akasia yang mengapung karna peluang tumbuh kecil.
- Angkat biji akasia dan tiriskan, kemudian tebarkan secara merata di media semai. Tutup menggunakan lapisan tanah secara merata dan tipis.
- Angkat biji akasia dan tiriskan, selanjutnya tebarkan dengan merata di media semai. Tutup menggunakan lapisan tanah dengan cara merata serta tidak tebal.
- Tutup sisi atas dengan pelastik transparan atau dedaunan dengan jarak 30cm dari permukaan semaian. hal ini untuk melindungi kelembaban media semai.
- jalankan penyiraman pagi serta sore hari dengan penyiraman yang tipis, hanya untuk merawat kelembaban lahan semaian saja.
- Setelah bibit tumbuh, buka pelastik atau penutup semaian.
- Bibit akasia sanggup dipindahkan ke polybag yang lebih besar sehabis menggapai ketinggian 15cm -20cm. serta letakkan ke lahan yang lebih luas untuk tunggu bibit siap ditanam di lahan tanam permanen atau sekitar usia penyemaian 5 – 6 bulan.

2. Menyiapkan lahan Tanam
- Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang dengan memanfaatkan capuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1 (1 tanah : 2 pupuk kandang : 1 pasir) sampai penuh. Biarlkan lubang tanam selama 2 – 3 minggu saat sebelum ditanami. buat lubang yg sama juga dengan jarak tanam 4 meter antar lubang serta isi dengan juga capuran tanah, pupuk kandang dan pasir.

3. Menanam Bibit Akasia
- jalankan penanaman pada awal musim penghujan agar tak memerlukan usaha yang banyak buat penyiraman. Bibit akasia yang telah miliki tinggi batang lebih kurang 50cm bisa dipindahkan ke lubang tanam yang di sediakan. Gali kembali lubang tanam dengan memakai cangkul, dan letakkan tanah galian di sisi lubang. Buka polybag semaian secara perlahan-lahan, tambahkan bibit akasia ke dalam lubang tanam lalu tutup kembali dengan tanah galian. Padatkan tanah penutup dengan beranjak dengan pelan.

4. Perawatan kelanjutan setelah proses penjarangan merupakan sistem pemangkasan cabang juga pengendalian gulam. Pemangkasan cabang dijalankan jumlah 2 kali, takni ketika penjarangan pertama selanjutnya setahun sehabis penjarangan pertama. Akasia memiliki kemampuan self pruning yg sangatlah rendah, oleh karenanya akan benar-benar penting laksanakan pruning untuk mendapatkan hasil kayu pertukangan yg baik. Keterlambatan pruning dapat menjadikan banyak hal yg merugikan, antara lain :

5. Mengurangi pembawaan keteguhan dari kayu, lantaran serta mata kayu relatif tegak lurus dengan serat batang pohon
- merepotkan untuk pembuatan karna penampang mata kayu jadi lebih keras
- kurangi keelokan permukaan kayu
- mengakibatkan lubang pada lembaran lembaran vneer


Pembibitan Pohon Akasia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling