Pengertian Pohon Sonokeling

Pengertian Pohon Sonokeling


Pengertian Pohon Sonokeling - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Sonokeling atau sanakeling yaitu nama semacam pohon penghasil kayu keras serta indah, anggota dari suku Fabaceae. Kayunya yang berbobot sedang dan berkwalitas tinggi itu dalam perdagangan di kenal menjadi Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Ingg.). Pohon memiliki ukuran lagi tengah hingga besar, tingginya 20-40 m dengan gemang menggapai 1, 5–2 m. tema lebat berbentuk kubah, menggugurkan daun. Pepagan berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit pecah-pecah membujur halus.

Daun majemuk menyirip gasal, dengan 5-7 anak daun yang tdk sama ukurannya, berseling pada porosnya. Anak daun berwujud menumpul (obtusus) lebar, hijau di atas dan keabu-abuan di bagian bawahnya.

Bunga-bunga kecil, 0, 5-1 cm panjangnya, terkumpul dalam malai di ketiak. Buah polong berwarna coklat, lanset memanjang, meruncing di pangkal serta ujungnya. diisi 1-4 butir biji yang lunak kecoklatan, polong tidak memecah ketika masak.


Pengertian Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pengertian Pohon Sonokeling


Pengertian Pohon Sonokeling


Di dunia ini masih banyak sekali type – type pohon ada pohon sengon, pohon jati, pohon trembesi, pohon akasia, dan ada banyak pohon yang lainnya. Pohon punya banyak kegunaan bagi manusia seperti tempat berteduh, menghindar abrasi, menjadi paru – paru dunia, serta ada banyak lagi kegunaan pohon bangi manusia. Tetapi dari demikian banyak pohon yang kita kenal hanya ada beberapa pohon yang di anggap istimewa, entah dari bentuknya, gunanya, cara hidupnya, atau narasi mistis yang berkembang perihal pohon itu. Pohon sonokeling adalah salah satunya model pohon yang di anggap istimewa. Pohon sonokeling di kira istimewa karena pohon sonokeling hasilkan kayu yang bertekstur lembut, dan miliki nilai dekoratif yang cukup baik. Selain itu kayu yang dihasilkan oleh pohon sonokeling kondang awet, karna kayu pohon sonokeling dapat melawan serangan hewan rayap mau pun serangan jamur. Ditambah lagi dengan pori – pori kayu pohon sonokeling yang rapat dan keras bikin kayu yg dihasilkan pohon sonokeling menjadi tambah awet serta tdk gampang lapuk atau hancur.

Kayu yg dihasilkan oleh pohon sonokeling udah menjadi primadona di pasar kayu karena banyak perushaan pembuat venir yang termasuk mewah menggunakan kayu yg dibuat oleh pohon sonokeling untuk melapisi permukaan kayu – kayu mahal. Pohon sonokeling perlu waktu yang cukup lama buat membuahkan kayu siap gunakan, padahal permohonan kayu yg dibuat pohon sonokeling selalu bertambah bersamaan dengan meningkatnya permintaan barang – barang yg berbahan basic kayu berkualitas. Pohon sonokeling yang makin tua akan makin mahal harga nya, demikian juga dengan ukuran diameter batang pohon sonokeling makin besar ukuran diameter pohon sonokeling ssemakin mahal juga harga kayunya.

Budidaya Sonokeling cukup menjanjikan, walau termasuk investasi jangka panjang, yakni di atas 10 tahun. Prinsipnya, jadi tambah tua pohonnya jadi harga kayunya juga jadi lebih mahal. walaupun, saat ini kayu Sonokeling muda juga telah banyak diperlukan terutama dalam pembuatan lantai kayu.

Masa panen kayu sonokeling supaya kualitas kayunya maximum merupakan setelah pohon berumur 20 th.. walaupun sangat, mungkin ia dibiarkan bahkan hingga 50 th.. tetapi butuh di perhatikan bahwa semakin lama investasi, resikonya lantas makin besar.

Sonokeling termasuk kedalam kayu keras dengan bobot lagi tengah hingga berat. Berat ragamnya antara 0, 77-0, 86 pada persentase air seputar 15%. Teksturnya cukup halus, dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Kayu ini juga awet, tahan pada serangan rayap kayu kering dan sangat tahan terhadap jamur pembusuk kayu.

Budidaya pohon Sonokeling relatif mudah. Bibit pohon ini bisa diperoleh dari akar pohon Sonokeling yang telah tua. umumnya, akar pohon yg sudah berusia beberapa puluh th. dapat tumbuh tunas-tunas baru. lantas tunas dipisahkan dari induk akar serta didiamkan kurang lebih dua minggu.

sesudah itu, tunas dapat ditanam di polybag dan bakal tumbuh besar kedepannya. sehabis memiliki ukuran sekitaran 30 centimeter sampai 1 meter, tunas sudah dapat jadikan bibit dan ditanam di lahan perkebunan.

Ketika mau ditanam, unsur hara di tanah mesti telah lengkap. sebab itu tanah harus digemburkan lebih dahulu serta di beri pupuk kompos. biar tumbuh optimal, jarak tanam antar pohon kurang lebih 2 x 2 m – 2 x 3 m. Dengan begitu, perkembangan pohon tidak terganggu pohon beda dan batangnya bisa lurus. semasa awal tanam, pohon Sonokeling masihlah membutuhkan pemupukan intensif.

selagi satu sampai dua tahun pertama, tanaman mestinya di beri pupuk dua minggu sekali. seterusnya, pemupukan cukup dua kali 1 tahun, yakni saat musim hujan serta saat musim kemarau.

Pola pemupukan terus dilakukan selama bertahun-tahun, sampai pohon siap dipanen. misalnya mengidamkan kayu yang sangatlah keras serta tangguh, pohon sonokeling bisa ditebang pada umur 20 tahun hingga 50 tahun.

sesudah pohon tua ditebang, akarnya janganlah dicabut. Pasalnya, di sisi akar itu kelak banyak tumbuh tunas baru yang bisa dijadikan calon bibit. semakin tambah baik sekiranya akar ini jadikan induk yang akan terus membuahkan tunas baru. tetapi, untuk Anda yang belum juga miliki pohon indukan berusia tua, jadi alternatif paling enteng bisa dengan beli bibit di pasar.

waktu ini banyak pembudidaya sonokeling ada yg memanen pada usia lebih kurang lima tahun. tetapi, harga jualnya lebih murah lantaran umur kayunya lebih muda. Menariknya, pohon yang telah dipanen waktu usia lima th. itu masih bisa tumbuh sekali lagi untuk dipanen ke dua kalinya. seterusnya, kebanyakan pohon tdk tumbuh kembali.

Ada dua hal yang butuh jadi perhatian dalam budidaya pohon Sonokeling ini. Pertama, pohon sebaiknya ditanam di lahan dengan ketinggian di bawah 600 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). diluar itu, gulma dan tanaman pengganggu yg ada pada kira-kira pohon mesti rajin dibikin bersih. terlebih pada masamasa awal perkembangan hingga pohon berukuran 8 meter.


Pengertian Pohon Sonokeling


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling