Pohon Nangka Mini

Pohon Nangka Mini


Pohon Nangka Mini - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon nangka kebanyakan berukuran tengah, hingga kira-kira 20 m tingginya, biarpun ada yang meraih 30 mtr.. Batang bulat silindris, sampai berdiameter seputar 1 mtr.. bahasannya padat serta lebat, melebar dan membulat jika ditempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, menyebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tidak tipis seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik hingga jorong (memanjang), 3, 5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit buat sedikit, serta ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan sisa mirip cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan terlihat pada ketiak daun pada pucuk yang pendek serta spesial, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol bersifat gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar bila masak. Bunga nangka dimaksud babal. sehabis melewati usia masaknya, babal juga akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih tetap di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.


Pohon Nangka Mini


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Nangka Mini


Pohon Nangka Mini


Manfaat Buah Nangka


Nangka menjadi sumber kalori, tetapi sebagai kandungan gula yg simple seperti fruktosa serta glukosa yang dapat langsung dirubah jadi energi. Sejumlah mineral pentung dan nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C serta mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium serta seng. Sehingga membuatnya mutlak untuk dikonsumsi sabagai menu buah harian. inilah lebih dari satu manfaat nangka buat badan :

- 100 g nangka yang dikonsumsi juga akan sedia kan 95 kalori. Buah ini daging yang lembut serta mudah di cerna dengan kandungan gula simple seperti fruktosa serta sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan mau langsung isikan ulang daya serta merevitalisasi badan dengan selekasnya. Tapi janganlah terlalu banyak dalam sekali makan, karna mau menyebabkan gas dalam perut.
- Nangka kaya serat makanan, yang membuatnya jadi pencahar yang baik. Kandungan serat menolong membuat perlindungan selaput lendir usus melalui langkah mengikat dan mengikis bahan kimia penyebab kanker usus besar.
- Buah nangka segar mempunyai kandungan sejumlah kecil vitamin-A, serta pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini dengan cara saling bersama memainkan andil utama jadi antioksidan serta mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga diperlukan untuk memelihara integritas membran lendir serta kulit. faedah buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, serta karotenoid sudah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
- diluar itu, nangka menjadi sumber anti-oksidan vitamin C yg sedia kan seputar 13, 7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C mendukung badan meningkatkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga bisa menjadi antioksidan yang dapat melawan sel degenaritif yang mengakibatkan terjadinya gejala kanker
- Buah langka yang kaya akan group vitamin B-kompleks. Nangka diisi jumlah yang sangatlah baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, serta asam folat.
- Buah nangka merupakan sumber yang baik mau kandungan kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium adalah komponen perlu dari sel dan cairan tubuh yg membantu mengontrol detak jantung dan dorongan darah

Dengan semua keuntungan yang kita peroleh dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka sebagai komoditi ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka agar cepat membuahkan buah mampu dijalankan dengan berapa langkah berikut : pemilihan bibit, mempersiapkan Lahan Tanam, Menanam Bibit Pohon Nangka, menjaga Pohon Nangka.

ketentuan Tumbuh Buah Nangka


1. Iklim

Pohon nangka sesuai tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1. 500-2. 500 mm & musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka dapat tumbuh di daerah kering yaitu di beberapa daerah yg punya bebrapa bulan kering lebih dari 4 bulan
cahaya matahari sangat diperlukan nangka buat meningkatkan fotosintesa & pertumbuhan, dikarenakan pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan sinar matahari mampu membuat terganggunya pembentukan bunga & buah dan pertumbuhannya.
Rata-rata suhu udara minimal 16-21 derajat C & suhu udara maximum 31- 31, 5 derajat C.
Kelembaban udara yg tinggi dibutuhkan utk mengurangi penguapan.

2. Media Tanam

- Pohon nangka dijaga di berapa model tanah, tapi lebih senang pada aluvial, tanah liat berpasir/lihat berlempung yg dlm & beririgasi baik.
- biasanya tanah yang digemari yaitu tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus hingga subur dengan situasi reaksi tanah asam hingga alkalis.
- bahkan juga pada tanah gambutpun pohon ini bisa tumbuh & hasilkan buah.
- Pohon nangka tahan kepada pH rendah (tanah masam) dengan pH 6, 0-7, 5, namun yg optimum pH 6–7.
- Kedalaman air tanah yg pas bagi pertumbuhan nangka yaitu 1-2 m atau pada 1-2. 5 m. karna perakarannya sangatlah dalam, jadi mestinya ditanam pada tanah yg cukup teball susunan atasnya (kira-kira 1 m).

3. Ketinggian Tempat

Pohon nangka mampu tumbuh dari dimulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1. 300 m dpl. Namun ketinggian tempat yg paling baik untuk pertumbuhan nangka yaitu pada 0-800 m dpl.

dibawah ini adalah bebrapa tahapan dalam budidata tanaman buah angka agar mamapu berbuah.

penentuan Bibit


Pada stage ini, Bibit mesti datang dari jenis atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah bermutu baik, berumur panjang & tahan terhadap hama & penyakit). Bibit mesti sehat yg sanggup diliat dari sosoknya yg kuat, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak dan daun sisi atas berwarna hijau segar & mengkilap. sistem penentuan bibit tambah baik memilih bibit dari hasi cangkok, okulasi serta stek. karna bibit tanaman buah nangka model ini memiliki kelebihan dengan lebih cepat berbuah.

Pengolahan Media Tanam



perihal-faktor yg memengaruhi pertumbuhan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, susunan serta pola struktur tanah mesti dibenahi/dikendalikan. Hal yang perlu jadi perhatian dalam bagian penyaiapna media tanamn di antaranya :

– Pembentukan Bedengan
Ukuran bedengan beraneka akan tetapi umumnya diperlukan antara 5 x1 m atau 10 x 1 m. Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu serta permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah.
Antar bedengan berjarak 0, 45 m & tiap tiap 5-10 m bedengan di buat jalan kontrol sekitaran 60-100 m. Saluran air di buat sepanjang kiri kanan pengecekan.

Bedengan diberi naungan dengan atap nipah atau sarlom. area yg menghadap ke timur dibuat lebih tinggi dari pada yg menghadap ke Barat. Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yg udah di isi media tumbuh & udah di beri lobang-lobang kecil dibagian bawahnya. Media tumbuh yg difungsikan campuran tanah susunan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Ukuran kantong plastik yg dimanfaatkan 20 x 30 cm dengan tebal 0, 08 mm & berwarna hitam.

– Pengapuran
jika pH tanah miliki sifat terlalu asam atau basa jadi butuh dilaksanakan lebih dari satu upaya biar nangka dapat tumbuh & berikan hasil yg optimal. bila sangat asam (pH5) dapat ditambahkan kapur, jikalau terlampau basa (pH7) dapat ditambahkan belerang. Dosis yg diperlukan tergantung pada kondisi tanahnya namun sebagai patokan 1 kg kapur atau belerang buat 1 m 3 lobang tanam.

– Pemupukan
Pada lobang tanam, tanah hasil galian digabung dengan pupuk kandang 20 kg/lubang & dolomit 0, 5 kg/lubang (utk menaikkan pH). Tanah paduan ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelum saat penanaman. 1 minggu saat sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gr ke dlm lubang penanaman.

tehnik Penanaman



– Penentuan Pola Tanam
Pohon nangka yg dipelihara di kebun buah jarak tanamnya 8 – 12 m, dalam pola sisi empat atau segi enam : kepadatan yg umum merupakan 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya pada lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam dibuat dengan ukuran 0, 5 x 0, 5 x 0, 5 m atau 1 x 1 x 0, 5 m. Pada saat penggalian lubang tanam, tanah bagian atas dipisahkan dari tanah bagian bawah. Tanah area atas di campur dengan pupuk kandang yg sudah matang banyak 20 kg per lubang. Lubang tanah yg telah digali dilewatkan terbuka selagi 1-2 minggu, biar mendapat sinar matahari makanya teroksidasi dengan baik. Untuk menghindari rintangan tanah asam, tanah galian di campur dengan dolomit/kapur pertanian sejumlah 0, 5-1 kg per lubang tanam & tanah gabungan ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 minggu saat sebelum penanaman. buat tanah yg terlampau berat, selain pengolahan tanah dapatlah ditambahkan pasir banyak 0, 5 kaleng per lubang. Seminggu saat sebelum tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gram ke dlm lubang penanamn jika perlu. Bibit hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kuat ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.

Cara Penanaman



Penanaman dikerjakan sore hari atau pagi hari pada permulaan musim penghujan yakni sementara curah hujan telah cukup sama rata. Bibit ditanam pada lubang yang udah tersedia, tegak lurus. sebelum saat bibit ditanam, kantong plastik harus dibuang. apabila penanaman dikerjakan di luar musim penghujan atau karena adanya kelainan iklim, yaitu musim hujan tiba-tiba berubah jadi kemarau kembali, maka bibit yg sudah ditanam perlu disiram dengan teratur.

Pemberian mulsa di sekitaran pohon nangka begitu butuh ; lebih-lebih pada waktu musim kemarau untuk meningkatkan kelembapan tanah. tetapi pada musim hujan mulsa tak diperlukan karena bisa mendatangkan serangan jamur. Mulsa bisa juga dimasukkan ke dlm tanah sebagai pupuk organi, pemberian 2 x per tahun sangatlah menopang pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk ditunaikan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

Pemeliharaan Tanaman



– Penjarangan & Penyulaman
Penyulaman tanaman yg mati dilaksanakan ketika hujan masih turun di th. pertama & th. ke dua.

- Penyiangan
Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu dijalankan lewat cara bersihkan gulma dengan manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Pengendalian gulma secara kimiawi menggunakan herbisida contohnya Paracol 1, 5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dilaksanakan 1-2 bulan sehabis penanaman, lalu tiap tiap 2-4 bulan ditunaikan selama 2-3 tahun. Penyiangan dilakukan lewat cara manual atau kimiawi.

– Pemupukan
Pemberian pupuk organik berwujud pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali satu tahun banyak 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dikerjakan satu minggu setelah penanaman dengan dosis 100 gr NPK per tanaman. Pemupukan ke dua pada umur 6 bln. dengan dosis 150 gram NPK per tanaman. Pemupukan ketiga dijalankan pada tanaman usia 12 bulan dengan dosis 200 gr per tanaman. Pemupukan ke empat pada umur 18 bln. dengan dosis 250 gr per tanaman & pemupukan ke lima dijalankan pada tanaman usia 24 bln. dengan dosis 300 gram per tanaman. sesudah itu untuk tanaman yg udah berbunga pada lahan tdk subur bisa ditambahkan pupuk organik 650 gr/pohon.
untuk meningkatkan tanaman dibutuhkan tambahan pupuk daun manfaat merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun dijalankan selang 2 minggu sampai tanaman usia 17 bulan. model pupuk daun yg dipakai Gandasil D/Bayfolan.

– Pengairan & Penyiraman
Tanaman nangka memerlukan drainase yg baik. Pengairan ini dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka punya perakaran dalam, tak memerlukan penggenangan saat musim kemarau dikarenakan tanaman nangka kurang toleransi terhadap genangan. Akarnya masih mampu meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air penambahan dibutuhkan selama dua tahun pertama pertumbuhannya.

– Pemeliharaan Lain
Pemangkasan dilaksanakan pada sisi tanaman yg tidak subur & tidak produktif. Pemangkasan cabang dilakukan kepada pohon nangka yg bertajuk rimbun supaya sinar matahari tidak terhalangi sehingga merangsang perbungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk waktu pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg mempunyai kandungan buah supaya membantu menggapai buah utk dibungkus & lantas dipanen. Pemangkasan cabang bertujuan untuk mengatur pembuahan, karena bunga betina nampak pada batang utama atau cabang primer. Perangsangan pembungaan dilakukan lewat langkah melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan utk menghambat hasil asimilasi daun supaya tidak meyebar ke seluruh area tanaman, melainkan untuk merangsang pembungaan. supaya buah nangka hasilnya baik & besar, laksanakan penjarangan buah. Buah yang mulai jadi membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg telah dicelupakan ke dalam larutan insektisida. Tindakan ini bisa menghalangi serangan tikus atau kelelawar, & memikat semut yg dapat mengusir serangga beda hingga dicapai buah yg kulitnya mulus & cerah.

Panen Nangka


Bibit buah nangka hasil okulasi akan menghasilkan buah pada umur 3-4 th.. Pemanenan dikerjakan andaikata buah telah masak yg disinyalir dengan muncul bau harum dan juga ukuran duri-duri pada kulit nangka sudah mulai menjadi membesar. Hasil buah per tahun per pohon beraneka biasanya berkisar 8-12 buah/pohon/th..


Pohon Nangka Mini


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Sonokeling Yogyakarta

Bonsai Dadap Merah

Cara Menanam Pohon Sonokeling